Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Foto bus suroboyo. Rosi
Komisi C Minta Risma Mengoperasikan Suroboyo Bus Sesuai Regulasi
Kamis, 03-05-2018 | 17:28 wib
Oleh : Ferry Maulina
Surabaya pojokpitu.com, Anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Vincensius Awey mendukung keberadaan Bus Suroboyo, sebagai transportasi publik bagi masyarakat. Namun Awey meminta Walikota Surabaya Tri Rismaharini seharusnya memiliki legalitas saat mengoperasikan bus yang masih berplat merah ini.

Vincensius Awey menyatakan, pengoperasian Bus Suroboyo ini belum memiliki payung hukum atau legalitas. Bus ini juga berplat merah, bukan plat kuning. Sehingga Pemkot Surabaya, dalam hal ini Dishub Surabaya tidak bisa menarik restribusi pada para penumpang. "Jika menarik ongkos justru menyalahi aturan," kata Awey.

Awey memberi saran sebaiknya Pemkot Surabaya bisa membentuk Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD yang nantinya membawahi pengoperasian Bus Suroboyo. Juga nantinya trem berikut feedernya. "Pemkot Surabaya juga bisa bekerjasama dengan pihak ketiga seperti yang sudah dilakukan Jakarta, Bali, Jogja untuk mengoperasionalkan bus," kata Awey.
 
Sejak awal Mei 2018, masyarakat yang naik Bus Suroboyo cukup dengan membayar botol bekas. Namun jika nantinya botol botol bekas tersebut dinominalkan dalam bentuk rupiah, maka tetap saja Pemkot Surabaya dianggap telah menyalahi aturan. Awey berharap, keberadaan dan manfaat Bus Suroboyo ini dibarengi dengan ada regulasi yang jelas. (pul)

Berita Terkait


Pemkot Dapat Bantuan Dua Bus Tingkat Dari Bank Mayapada

Organda Jatim Protes, Bus Surabaya Sudah Menyalahi Aturan

Kadishub: Tidak Ada Masalah Gunakan Plat Merah di Bus Surabaya

Komisi C Minta Risma Mengoperasikan Suroboyo Bus Sesuai Regulasi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua