Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Investasi Sektor Nikel Selamatkan Penanaman Modal Asing
Rabu, 02-05-2018 | 09:10 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan, investasi di sektor nikel menyelamatkan penanaman modal asing di Indonesia dalam empat tahun terakhir.

"Salah satunya proyek di sektor smelter, khususnya smelter nikel," ujar pria yang akrab disapa Tom itu, Senin (30/4). Proyek-proyek smelter yang disebut Tom potensial terdapat di kawasan Morowali, Sulawesi Tengah, dan Maluku.

"Itu megaproyek yang menghasilkan lebih dari Rp 30 triliun dalam empat tahun terakhir dan fase berikutnya bisa menghasilkan USD 5-10 miliar. Itu penting untuk kita bisa menjaga kelangsungan investasi," beber Tom.

Namun, dalam rencana jangka pendek, BKPM juga akan memfokuskan realisasi investasi di Pulau Jawa.

"Meski membangun Indonesia dari pinggiran tetap jadi prioritas. Tapi, demi menjaga realisasi, saya terpaksa harus fokus di Pulau Jawa untuk jangka pendek," tambah Tom.

Saat berbicara mengenai investasi di Pulau Jawa, dia juga sempat menyinggung e-commerce dan ekonomi digital. Tom meyakini industri di sektor tersebut terdapat investasi yang sangat besar. Apalagi, Indonesia memiliki sejumlah start-up unicorn. Namun, dia mengatakan bahwa data investasi e-commerce belum tecermin dalam angka realisasi yang dihimpun BKPM.

"Untuk itu, saya mohon pelaku e-commerce segera menyampaikan LKPM (laporan kegiatan penanaman modal, Red) masing-masing," ucap Tom. (agf/c11/sof/end)

Berita Terkait


Investasi Sektor Nikel Selamatkan Penanaman Modal Asing

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua