Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Olah Raga 

255 Pesepeda dari 26 Negara Ini Bersaing Gowes Tour De Barelang 2015
255 Pesepeda dari 26 Negara Ini Bersaing Gowes Tour De Barelang 2015
Kamis, 14-05-2015 | 21:29 wib
Oleh :
Batam pojokpitu.com, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam bersama Cycosports United Kingdom yang berbasis di Singapura kembali menggelar even olahraga rekreasi tahunan bertajuk Tour De Barelang tahun ini. Ini merupakan even ke-4 dan kali ini diikuti sebanyak 255 pesepeda profesional dari 26 negara termasuk pesepeda Kepri dan nasional.

Tahapan Tour De Barelang ke-4 yang akan digelar Sabtu (16/5) ini, kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri setara dengan even sejenis yang telah populer sebelumnya seperti Tour De Singkarak, Tour De Langkawi maupun Tour De France.

Peserta untuk Tour De Barelang tahun 2015 ini terbanyak dari United Kongdom yakni 75 orang kemudian Australia 52 orang, Singapura 41 orang, pesepeda tanah air 24 orang, Amerika Serikat 11 orang, Jerman 5 orang, Prancis 5 orang, Italia 4 orang, Denmark 5 orang, Denmark 5 orang, Afrika Selatan, Selandia Baru, Jepang, Kanada, Belgia dan Belanda masing-masing 3 orang kemudian Switzerland, Rumania, Philipina dan Malaysia 2 orang serta Spanyol, Polandia, Norwegia, Iceland dan Finlandia masing-masing 1 orang.

"Jadi total peserta 255 orang dari 26 negara termasuk 24 pesepeda nasional dan lokal Kepri," ujar Yusfa Hendri kepada wartawan di Batamcenter kemarin (14/5).

Tour De Barelang kali ini mengambil titik start di Pelabuhan Internasional Sekupang dan finish di Jembatan I Barelang. "Jarak tempuh sepanjang 130 kilo meter. Rute yang dilalui yakni pelabuhan Sekupang, Seitemiang, Simpang Tobing, Simpang Barelang, Jembatan I hingga ujung Cakang di Jembatan VI dan balik lagi ke Jembatan I kemudian finish," beber mantan Kabag Humas Pemko Batam ini.

Masih kata Yusfa, 255 peserta ini akan dibagi dalam 3 peleton untuk 4 kategori lomba yakni kategori kecepatan 45-50 km/jam, 35-40 km/jam, 25-30 km/jam dan 20-25 km/jam. "Peleton pertama untuk kategori 45-50 km/jam diikuti 30 peserta, peleton dua 35-40 km/jam diikuti 79 peserta lalu peleton ketiga 145 orang untuk kategori 20-30 km/jam," ujar Yusfa.

Even ini akan menggunakan sistem Timing System Raceresult.com yakni sistem waktu yang disarankan oleh persatuan sepeda internasional/UCI (Union Cycliste Internationale) yang berbasis di Prancis.

Peserta Tour De Barelang 2015 ini juga nantinya akan menggelar bakti sosial usai balapan yakni berbagi dengan anak-anak yatim piatu di tiga panti asuhan di Panti Almubarak Mongga lalu Panti Jabunaya Tanjung Klingking dan Panti Permate di Jembatan I.

"Peserta akan melakukan pengumpulan dana serta memberikan bantuan seperti buku bergambar, pakaian olahraga, mainan dan lainnya," kata Yusfa.

Untuk kesuksesan even ini, Yusfa mengharapkan partisipasi seluruh warga Batam terutama yang beraktifitas di jalur-jalur yang dilalui peserta agar tetap memprioritaskan para pebalap di jalan raya. "Ini even yang diselenggarakan berkat kerjasama kami dengan Dispar Propinsi Kepri, Kementerian Pariwisata, sponsorship dan Cycosports sendiri," pungkasnya.(spt/jpnn/pul)


Berita Terkait


Pembalap Mongolia Libas Etape Pertama Tour De Banyuwangi Ijen 2019

Rencana Kehadiran Honda Zoomer di Indonesia, Ini Tanggapan Bos AHM

Maling Sepeda Balap Terekam CCTV

Inilah 5 Manfaat Sehat Bersepeda


Kereta Api Brantas Tabrak Sepeda Motor, 2 Orang Tewas

Kakek Tewas Tertabrak Sepeda Motor

Intip Puluhan Atlit Sepeda BMX Freestyle dan Jumping di Atas Arena BMX

Pengendara Sepeda Motor di Ngawi Terlindas Bus Lorena, 1 Orang Tewas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber