Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Warga Jatim Anggap Khofifah-Emil Mampu Tuntaskan Kemiskinan, Gus Ipul-Puti Mampu Tangani Infrastruktur
Jum'at, 27-04-2018 | 16:22 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Lembaga Riset Surabaya Survey Center (SSC) menyampaikan hasil survey Pilgub Jatim terkait dengan kontestasi, sikap dan perilaku pemilih masyarakat Jawa Timur. Hasilnya, ternyata 41,1 persen masyarakat Jatim menilai Khofifah-Emil mampu menuntaskan kemiskinan, sedangkan Gus Ipul-Puti dianggap mampu menangani infrastruktur di angka 32,3 persen. Sedangkan untuk popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas Khofifah-Emil lebih unggul dibandingkan Gus Ipul-Puti.

Mochtar W. Oetomo, Direktur SSC mengatakan survei opini publik ini menjadi gambaran dinamika terbaru terkait Pilgub Jatim. Hasil Survey SSC ini menunjukkan adanya persaingan yang sengit, kompetitif dan ketat diantara kedua paslon yang berkontestasi. Dalam riset kali ini, ada beberapa temuan menarik di antaranya meningkatnya pengetahuan pemilih dan partisipasi dalam pilgub Jatim, trend popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas yang ketat, kemantapan pilihan dan juga angka swing voters dan undecided voters yang bergerak lamban. Hasilnya, pertarungan sulit bagi kedua kandidat dan menjadi persaingan yang seimbang .

Mochtar menjabarkan, hasil Survei Surabaya Survey Center (SSC) periode April 2018 juga membandingkan kompetensi antarpaslon, masyarakat menilai Khofifah-Emil mampu mengentaskan kemiskinan 41,1 persen sedangkan Gus Ipul-Puti hanya mendapat 22,6 persen.

"Dalam bidang infrastruktur Gus ipul-Puti lebih unggul dengan 32,3 persen, sementara Khofifah-Emil sebanyak 24,2 persen. Untuk popularitas, akseptabilitas dan elektabilitas Khofifah-Emil lebih unggul dibandingkan Gus Ipul-Puti. Untuk popularitas Khofifah 96,9 persen, Emil 68,2 persen, Gus Ipul 94,8 persen, Puti 56,3 persen, akseptabilitas Khofifah 84,4 persen, Emil 58,2 persen, Gus Ipul 81,1 persen, Puti 43,5 persen. Elektabilitas Khofifah-Emil terus naik di angka 41,1 persen, sedangkan Gus Ipul-Puti 39,2 persen, sedangkan untuk angka undecided voters sebanyak 19,7 persen, swing voters 26,9 persen," papar Mochtar W Oetomo.

Sementara itu, Renville Antonio Sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil menuturkan, hasil survey ini menuntut kerja KPU Jatim dalam melakukan sosialisasi Pilgub, apalagi angka undecided voters dan swing voters yang masih sangat tinggi. "Artinya masih banyak masyarakat yang belum tahu Pilgub Jatim atau bahkan paslon yang maju, padahal anggaran Pilgub untuk KPU Jatim cukup besar mencapai Rp 1 triliun lebih, namun faktanya sosialisasi di media televisi maupun pemasangan atribut sangat minim," tuturnya.

Sedangkan Sri Untari, Sekretaris tim pemenangan Gus ipul-puti, menegaskan masih ada waktu untuk Gus Ipul-Puti menyalip angka lawan, tapi Gus Ipul-Puti juga unggul di beberapa hal. Artinya pertarungan sangat sengit. Selain itu, banyak keunggulan Puti yang belum dieksplorasi dan pihaknya akan bekerja keras untuk memenangkan pertarungan dengan mensosialisasikan secara intens keunggulan Puti, karena Gus Ipul sudah pada angka yang mentok, sehingga cawagub yang harus mendongkrak.(end)

Berita Terkait


Warga Jatim Anggap Khofifah-Emil Mampu Tuntaskan Kemiskinan, Gus Ipul-Puti Mampu Tangani Infrastruktur

Tak Peduli Hasil Survey, Gus Syaff Terus Dekati Warga

Hasil Survey Tinggi, Ashari Daftar Bacabup Sampang


Tak Peduli Hasil Survey, Gus Syaff Terus Dekati Warga

Hasil Survey Tinggi, Ashari Daftar Bacabup Sampang

PAN Jatim Tunggu Hasil Survey Calon Gubernur

Hasil Survey Pilkada Indonesia.com, Pasangan Risma - Wisnu Unggul

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber