Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Seleksi Penambahan Anggota Bawaslu Jatim Sudah Dibuka
Kamis, 26-04-2018 | 17:27 wib
Oleh : Endang Pergiwati
Berita Video : Seleksi Penambahan Anggota Bawaslu Jatim Sudah Dibuka
Surabaya pojokpitu.com, Seleksi penambahan anggota Bawaslu Jatim telah dibuka, mulai tanggal 2 Mei hingga 11 Mei 2018. Seleksi ini diadakan untuk memenuhi kekurangan anggota Bawaslu yang sebelumnya berjumlah 3 orang, sementara berdasarkan Undang - Undang Pemilu No 7 Tahun 2017 jumlah anggota Bawaslu 5 hingga 7 orang.

Dalam proses seleksi penambahan anggota Bawaslu ini, penilaian yang diberikan kepada para calon komisioner Bawaslu berdasar scoring atau poin yang akan mendukung peringkat. Poin score ini dapat dipantau bersama melalui website Bawaslu.

"Jadi masyarakat juga bisa mengetahui tahapan penilaian itu, karena kami melakukan penilaian itu secara transparan. Para calon juga bisa melakukan penilaian atau mengukur kemampuan dirinya, berdasarkan kriteria tersebut," tutur Airlangga Pribadi, Ph.D, selaku Ketua Tim Seleksi Penambahan Calon Anggota Bawaslu Jatim.  

Sementara kriteria seleksi ini adalah jenjang pendidikan, pengalaman terlibat dalam kegiatan kepemiluan baik sebagai pemantau pemilu ataupun sebagai karyawan pemilu, serta karya ilmiah tentang pemilu. Sementara tahap yang harus dilalui dalam proses seleksi, yaitu seleksi berkas administrasi, wawancara dan tes kesehatan.

"Selain itu, ada pula tahap penilaian masyarakat pada 16 hingga 22 Mei. Pada tahap ini, masyarakat dapat turut memberikan laporan terkait para calon anggota Bawaslu yang terpilih. Misalnya, ada salah seorang calon yang ternyata memiliki cacat moral karena pernah melakukan tindakan asusila, atau tindak kriminal," ucap Imam Syafii, anggota Tim Seleksi. Laporan masyarakat ini akan sangat membantu tim seleksi untuk menemukan calon anggotan yang terbaik.    

Keterwakilan perempuan juga diharapkan ada dalam Bawaslu dengan jumlah yang proporsional yaitu 30 persen. Sayangnya, beberapa daerah di Jawa Timur, angka keterwakilan perempuan di bidang politik seringkali masih jauh dari harapan. "Siapapun yang berminat dan memiliki kemampuan, agar segera mendaftarkan diri," tutur Dr. Dwi Astutiek, S.Ag., M. anggota Tim Seleksi. 

Seleksi kali ini menggunakan sistem gugur. Dari 100 peminat, akan diambil 24 orang. Namun bila peminat kurang dari 100 , maka akan diambil 28 orang. Baru setelah itu diseleksi lagi menjadi 16 calon, untuk diseleksi hingga 8 orang , dan akhirnya pada proses seleksi akhir akan dipilih 4 orang saja.(end)

Berita Terkait


Putusan Bawaslu atas Pidana Pemilu 2019 Tembus Angka 114

Pendukung Caleg Dari Partai Golkar Datangi Bawaslu

Seleksi Penambahan Anggota Bawaslu Jatim Sudah Dibuka

Komisioner Bawaslu Bebas, Kejaksaan Akan Kasasi Ke MA


Massa Terus Banjiri Kantor Bawaslu

Siang Malam Kantor Bawaslu Jatim Dijaga TNI dan Polri

Seribu Massa Gelar Aksi Damai di Kantor Bawaslu dan KPU Situbondo

Ulama Dukung KPU dan Bawaslu Lakasanakan Tahapan Pemilu 2019

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber