Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penampakan proyek Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang sebagian sudah mulai selesai dikerjakan. Paling banyak pengerjaan belum selesai diseksi 1, dimana banyak girder belum terpasang. Pemasangan sendiri juga memakan banyak waktu. Foto Farid
Tol Pasuruan Probolinggo Belum Bisa Dilalui Arus Mudik Lebaran Tahun Ini
Kamis, 26-04-2018 | 11:37 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Berita Video : Tol Pasuruan Probolinggo Belum Bisa Dilalui Arus Mudik Lebaran Tahun Ini
Probolinggo pojokpitu.com, Mendekati arus mudik lebaran tahun 2018 mendatang, jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), dipastikan belum bisa digunakan untuk arus mudik lebaran. Pengerjaan proyek tol masih sekitar 75 persen. Target pengerjaan baru rampung pada akhir tahun ini atau sesuai konrak kerja.

Saat ini masih banyak girder belum terpasang, dan sisi kanan maupun kiri belum selesai pengerjaan membuat pengerjaan terus dikebut siang malam.   Tol Paspro dengan total keseluruhan sepanjang 31,1 kilometer ini, meliputi pekerjaan tanah, pekerjaan aggregat, pekerjaan lean concrete, dan rigid pavement, telah dilakukan di beberapa titik. Bahkan, sebanyak 14 jembatan fly over juga telah berdiri, dari total sebanyak 33 titik yang telah ditentukan.

Pembangunan jembatan fly over untuk lalu lintas non tol, merupakan pekerjaan yang cukup memakan waktu. Karena harus menyesuaikan kondisi cuaca seperti arah angin dan kecepatannya dalam proses pemasangan.

Menurut Sutriman, General Manager Proyek Tol Paspro PT Waskita karya, sampai sejauh ini masih sekitar 75 persen tol paspro selesai digarap. Belum adanya pengamanan standart jalur lalu lintas, seperti marka jalan, rambu lalu lintas, dan lampu penerangan jalan, dapat menjadi penyebab kecelakaan jika dipaksakan beroperasi untuk mudik lebaran.
 
Sementara itu menurut Agus Minarno, Pejabat Pembuat Komitmen Tol Paspro Kementrian PU PR, di tol Paspro ada sebuah masjid yang terpaksa digusur. Masjid ini akan dipindah disebelah tol Paspro. "Rencana tol akan diresmikan Presiden Jokowi pada bulan Mei mendatang kemungkinan besar bakal tertunda," kata Agus.

Proyek strategis nasional ini, ditarget harus selesai pada bulan Desember tahun 2018 ini, dan berlanjut ke pengerjaan Tol Paspro seksi 4 dari Leces hingga gending Kabupaten Probolinggo.

Berita Terkait


Dinas PU Targetkan Lima Tol di Jatim Selesai Akhir Tahun Ini

PT Jasa Marga Yakin Proyek Tol Selesai Tepat Waktu

Tol Pasuruan Probolinggo Belum Bisa Dilalui Arus Mudik Lebaran Tahun Ini

Warga Pasuruan Protes Proyek Tol


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber