Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Robot Berteknologi Neuromorfis dengan Kecerdasan Buatan
Rabu, 25-04-2018 | 07:15 wib
Oleh : Atiqoh Hasan
Surabaya pojokpitu.com, Seorang dosen Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya mengembangkan inovasi robot dengan platform kecerdasan buatan dan teknologi neuromorfis. Robot ini nantinya digadang - gadang menjadi robot masa depan yang dapat berfikir dan bertindak layaknya manusia.

Omnibot atau omnidirectional mobile robot yang merupakan sebuah robot terobosan terbaru dengan menggunakan dasar pengembangan program kecerdasan  artificial intelligence atau kecerdasan buatan dan dipadukan dengan teknologi neuromorfis.

Omnibot yang mulai dikembangkan oleh seorang dosen program studi Teknik Elektro Universitas Kristen Petra Surabaya, Indar Sugiarto, sejak beberapa tahun terakhir ini, digadang - gadang dapat menjadi terobosan robot pintar nasional yang nantinya akan dapat berfikir dan bertindak layaknya manusia. Tidak hanya bergantung pada program yang ditanamkannya.

Memanfaatkan teknologi neuromorfis atau dengan kata lain sistem robot tersebut meniru cara kerja otak hingga ke level sel - sel otak manusia. Indar Sugiarto berusaha membuat tiruan ribuan sel syaraf manusia menggunakan bahan baku silikon dan memasukkannya ke dalam 48 chip yang tertanam pada mesin utama atau mesin spinnaker dari robot tersebut.

Kendati masih dalam tahap pengembangan dan penyempurnaan bentuk dan fungsi. Nantinya omnibot tersebut diharapkan tidak hanya dapat membantu dan meringankan kerja manusia namun juga dapat menjadi sahabat dari manusia tersebut lantaran robot tersebut juga nantinya dapat memilki kemampuan perasa layaknya indra perasa pada manusia.(end)

Berita Terkait


Robot Berteknologi Neuromorfis dengan Kecerdasan Buatan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber