Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Khofifah juga membaca puisi berjudul hanya mak yang tahu, yang mengkisahkan perjuangan seorang ibu dalam merawat putra-putrinya. Foto: Dewi Imroatin
Hari Kartini, Cagub Jatim Khofifah Membaca Puisi Dan Borong Buku Kartini di Kampung Ilmu
Sabtu, 21-04-2018 | 19:06 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Di hari Kartini, Cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa mendatangi kampung ilmu, di jalan Semarang Surabaya, cagub nomer urut satu itu memborong buku Kartini yang berjudul habis gelap terbitlah terang, Khofifah juga membaca puisi berjudul hanya mak yang tahu, yang mengkisahkan perjuangan seorang ibu dalam merawat putra-putrinya.

Hanya mak yang tahu itulah judul puisi yang dibacakan cagub jatim Khofifah Indar Parawansa, puisi yang dibaca di depan penjual maupun pembeli di kampung ilmu, sekaligus kalangan muslimat itu menceritakan perjuangan sosok seorang mak atau ibu dalam merawat putra-putrinya, sekaligus keistimewaan seorang ibu, selain membaca puisi cagub nomer urut satu itu juga menyanyikan lagu ibu kita Kartini dan ibu. tidak hanya itu, ketua umum muslimat itu juga memborong buku Kartini berjudul habis gelap, terbitlah terang.

"Salah satu refleksi dari hari Kartini adalah meninggalnya Kartini diusia muda akibat komplikasi persalinan, dan angka kematian ibu di negeri ini masih cukup tinggi, untuk itu edukasi terkait kehamilan sampai dengan penanganan persalinan harus terus digalakkan untuk menekan angka kematian ibu melahirkan," ujar Khofifah

Mantan Mensos RI ini menegaskan, salah satu perjuangan Kartini dalam mengangkat harkat perempuan adalah dengan mengajak para perempuan melek aksara yakni mengajak perempuan membaca, dengan membaca kita bisa mendapatkan lautan ilmu, dan kampung ilmu seperti ini harus ada tidak hanya di setiap daerah, tapi juga di rumah dengan begitu budaya membaca bisa diterapkan minimal di lingkungan keluarga.

Dengan menerapkan budaya membaca maka bisa menciptakan generasi bangsa yang aktual dengan segudang pengetahuan dan ilmu yang dimiliki, salah satu contoh tokoh hebat yang gemar membaca hingga memiliki buku yang tidak terhitung yakni KH Abdurrachman Wahid atau Gus Dur. (yos)



Berita Terkait


Siswa SMP Kampanyekan Penggunaan Non-Plastik

Jangan Gunakan Isu SARA dalam Kampanye !

Meski Sudah Masuk Masa Kampanye, Caleg Tak Boleh Pasang APK

Seluruh Partai Politik Peserta Pemilu di Tuban Sudah Laporkan Dana Kampanye


Polda Jatim Gelar Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2019

Meski Sudah Masuk Masa Kampanye, Caleg Tak Boleh Pasang APK

Seluruh Partai Politik Peserta Pemilu di Tuban Sudah Laporkan Dana Kampanye

Deklarasi Damai Awali Kampanye Pileg dan Pilpres 2019
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber