Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Pemkot Surabaya Bongkar 9 Bangli di Kalimas Barat dan Kemudi
Kamis, 19-04-2018 | 17:36 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Sengketa tanah antara Pemkot Surabaya dengan warga Kalimas Barat dan Jalan Kemudi, yang terjadi sejak tahun 2015 lalu, kini telah berakhir. Ini setelah Pengadilan Negeri memenangkan Pemkot sebagai pemilik tanah peninggalan Belanda ini.

Pasca penetapan pengadilan ini, Kamis tadi, Satpol PP menggusur 9 bangunan liar, atau bangli yang dihuni 10 kepala keluarga ini.

Dalam eksekusi ini, Pemkot Surabaya mengerahkan satu unit alat berat, begho, dibantu puluhan petugas Satpol PP, Linmas dan aparat kepolisian dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Tidak ada perlawanan dari 10 kepala keluarga yang mengaku sudah tinggal di tanah tersebut, sejak 50 tahun lalu itu. Warga hanya melihat saat alat berat membongkar bangunan yang sudah lama mereka tempati.

Ini disebabkan karena warga sudah menyadari bila mereka tidak memiliki bukti kepemilikan tanah serta sudah adanya pemberitahuan pengosongan bangunan dari Satpol PP, sejak 2 hari lalu. Meski begitu, sejumlah warga menyayangkan sempitnya waktu pengumuman dengan eksekusi yang hanya berjarak dua hari.

Pasca pembongkaran, sejumlah kepala keluarga mengambil kayu-kayu yang sekiranya masih bisa dipergunakan kembali, untuk dibangun di lokasi yang baru.

"Hanya saja, kami masih belum tahu akan pindah kemana lantaran tidak memiliki uang untuk membeli rumah di Surabaya," keluh Evi, salah satu warga.  

Meski berjalan lancar, namun kegiatan pembongkaran bangunan di Kalimas Barat ini membuat arus lalu lintas sedikit tersendat. Pengendara motor harus bergantian melintas lantaran satu jalur dipergunakan alat berat begho untuk mengangkut sisa-sisa bangunan usai dibongkar. (end)

Berita Terkait


Pemkot Surabaya Bongkar 9 Bangli di Kalimas Barat dan Kemudi

Sebabkan Banjir, Puluhan Bangli Dirobohkan


Bongkar Bangli di Kenjeran, Satpol PP Sempat Diprotes

Rumah Digusur Satpol PP, Pemilik Bangli Pingsan

Diduga Untuk Protitusi, 40 Bangli Stren Kali Jagir Dibongkar
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber