Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Dinilai Cacat Yuridis, Pilkades Desa Trosobo Digugat di PTUN
Selasa, 17-04-2018 | 08:14 wib
Oleh : Usrox Indra
Sidoarjo pojokpitu.com, Resmi didaftarkan gugatannya ke Pengadilan Tata Usaha Negara Surabaya, Pilkades di Desa Trosobo dipermasalahkan. Objek gugatan yang disoal adalah mengenai putusan hasil pencoblosan pilkades yang langsung ditetapkan. Dua pihak yang digugat, yaitu BPD Trosobo serta panitia pilkades.

Bernomer perkara 63/G/2018/PTUN Surabaya. Perkara gugatan menyoal hasil penetapan pilkades di Desa Trosobo Kecamatan Taman resmi diajukan oleh pihak yang merasa dirugikan. Dalam hal ini, calon kades nomer 2 Supriyadi yang diwakili kuasa hukumnya.

Menurut kuasa hukum penggugat, menyebutkan atas objek gugatan mengenai putusan nomer 188/3/2018 yang dikeluarkan pada tanggal 25 Maret 2018 mengenai hasil dari pencoblosan pilkades yang langsung ditetapkan, pihaknya menggugat yaitu BPD Trosobo dan juga panitia Pilkades.
 
Bukti - bukti akan dibeberkan pihak kuasa hukum penggugat nantinya di persidangan. Diduga ada pelanggaran saat proses pemilihan berlangsung. Dari mulai adanya pemilih yang bukan warga Trosobo bisa memberikan suara, satu orang yang dapat memilih hingga dua kali hingga dugaan adanya premanisme penghalang halangan terhadap warga yang akan mencoblos.
 
"Proses pemilihan pilkades di Desa Trosobo, penyelenggaraannya cacat yuridis, substansi hingga prosedur. Sehingga perhitungan suaranya tidak sah," tutur Bagus Teguh Santoso, kuasa hukum penggugat.

Seperti diketahui dari hasil rekapitulasi hasil pilkades di Desa Trosobo Taman ada selisih yang teramat kecil antara calon kades nomer urut 1 Heri Akhmadi dengan calon kades nomer urut 2 Supriyadi. Heri Akhmadi mendapatkan perolehan 1626 suara sementara Supriyadi memperoleh 1614 suara. Keduanya memiliki selisih suara sedikit hanya terpaut 12 suara saja.(end)

Berita Terkait


Menganggap Perolehan Suara Sama, Pendukung Pilkades Tuntut Pemilihan Ulang

Pilkades Serentak di Pacitan Diwarnai Dinamika Beragam

Warga Desa Kauman Desak Hitung Ulang Suara Pilkades

PTUN Surabaya Tunda Pelantikan Kades Trosobo


Dinilai Cacat Yuridis, Pilkades Desa Trosobo Digugat di PTUN

Tipikor Polresta Sidoarjo Periksa Pilkades Sidokepung

E-Voting Bermasalah, Warga Klantingsari Tuntut Pilkades Ulang

Menilai Ada Kecurangan Hingga Kalah dalam Pilkades, Massa Pendukung Demo
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber