Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Puluhan Petani Blokir Jalan Tol Mantingan-Ngawi
Selasa, 17-04-2018 | 05:16 wib
Oleh : Herpin Pranoto
Ngawi pojokpitu.com, Puluhan petani di Kecamatan Widodaren, Kabupaten Ngawi, memblokir jalan tol ruas Mantingan-Ngawi, yang masih tahap proses pembangunan. Aksi tersebut dipicu rusaknya jaringan listrik, untuk irigasi akibat ditabrak truk.

Kondisi jalan tol ruas Ngawi-Mantingan, setelah diblokir warga Kecamatan  Widodaren Ngawi, menggunakan rangka besi jalan tol. Alat berat terpaksa berhenti dan pengendara terpaksa balik kanan, karena tidak diperbolehkan  melintas. Lebih 50 petani, berkumpul di bawah over pass, yang sedang dibangun. Para pekerja proyek jalan tol juga hanya bisa pasrah, saat alat berat dihentikan warga.

Aksi massa ini, dipicu rusaknya tiang dan putusnya kabel listrik, akibat ditabrak truk yang membawa material untuk pembangunan over pass. Tiang listrik tersebut sangat penting bagi petani karena berfungsi untuk menghidupkan sibel atau pompa air bertenaga listrik.

Para petani, sangat marah karena pekerja tol, tak mau bertanggung jawab. Merasa terancam nasib tanaman padinya, dalam waktu singkat puluhan orang dari dua kelompok tani, berkumpul dan memblokir jalan tol.

"Selain menuntut perbaikan tiang listrik, para petani juga meminta perbaikan saluran irigasi, yang tertimbun oleh material bangunan," kata Hardi, sebagai koordinator aksi.

Setelah lebih dua jam diblokir, puluhan petani akhirnya membuka kembali akses jalan tol. Arus lalu lintas dan transportasi material proyek tol, kembali normal. Kondisi ini setelah petugas dari Polsek dan Koramil Widodaren, melakukan mediasi petani dengan perwakilan PT. Waskita Karya. Demikian disampaikan AKP Juwahir, Kapolsek Widodaren.

Direncanakan uji coba untuk arus mudik Lebaran, proyek pembangunan jalan tol ruas Ngawi-Mantingan, hingga saat ini masih belum selesai.
Terkena dampak negatifnya, warga sekitar pembangunan jalan tol sering menggelar aksi blokir untuk meminta beragam tuntutan, mulai over pass hingga underpass, serta perbaikan jalan dan  irigasi.(end)

Berita Terkait


Puluhan Petani Blokir Jalan Tol Mantingan-Ngawi

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber