Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Kesehatan 

Viruskenner Kenalkan Virus dan Pencegahan Secara Dini pada Siswa.
Senin, 16-04-2018 | 19:04 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Sebuah kelompok asal Universitas Erasmus Medisch Centrum Rotterdam, yaitu Viruskenner, tengah melakukan sosialisasi tentang upaya pengenalan dan pencegahan virus. Bahkan sosialisasi ini juga dilaksanakan di lingkungan sekolah, agar para siswa mengenal jenis penyakit akibat virus.

Melalui program Viruskenner, kelompok Viroscience Laboratory, Erasmus Medisch Centrum, Rotterdam, Belanda, melaksanakan sosialisasi di lingkungan pendidikan, seperti sekolah di Surabaya.
 
Sosialisasi yang telah disebarkan di Indonesia dan Suriname ini telah berlangsung sejak empat tahun. Upaya ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan hingga pencegahan untuk melawan berbagai jenis penyakit akibat virus.
 
Program Viruskenner ini pun dikenalkan ke generasi muda, terutama para pelajar di sekolah menengah atas. Program ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan secara dini terhadap pelajar tentang penyakit akibat virus, agar waspada.
 
Seperti yang dilakukan di SMA Negeri 16 Surabaya ini misalnya. Tim Viruskenner menggandeng sejumlah pakar dari Divisi Tropik dan Infeksi, Departemen Penyakit Dalam RSUD Dr Soetomo, Fakultas Kedokteran Unair.
 
Dalam sosialisasi ini, para tim Viruskenner mengenalkan jenis virus dan akibat, serta pencegahan penyakitnya pada siswa. "Para siswa dibagi dalam kelompok kecil dan memberikan presentasi tentang beberapa jenis virus yang telah dipelajari. Jenis virus yang dipelajari diantaranya influenza, hanta virus, leptosirosis, HIV aids, hepatitis," papar Prof Erick Van Gorp, pendiri Viruskenner.
 
Selain mengenal, mempelajari dan membuat karya tentang pemahaman virus, para siswa ini akan berkompetisi serta dipresentasikan kepada tim Viruskenner.(end)


Berita Terkait


Viruskenner Kenalkan Virus dan Pencegahan Secara Dini pada Siswa.

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber