Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Terbukti Tak Anti-Islam, Jokowi Urutan 16 The Muslim 500
Senin, 16-04-2018 | 11:25 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe menilai hasil survei internasional yang menempatkan Joko Widodo alias Jokowi di urutan ke-16 dalam daftar The Muslim 500, memiliki makna positif pada mantan Wali Kota Surakarta itu. Ramses menilai, hasil survei itu menegaskan bahwa pandangan yang menyebut Jokowi anti-Islam hanya alat yang dimainkan segelintir orang untuk kepentingan politik tertentu.

"Bila survei itu benar maka terbantahkan cap yang coba dikembangkan pihak tertentu bahwa Jokowi anti-Islam," ujar Maksimus kepada JPNN, Senin (16/4).

Menurut pengajar di Universitas Mercu Buana ini, sebenarnya jika mencermati latar belakang maupun kebijakan Jokowi, terlihat mantan Gubernur DKI Jakarta itu bukan anti-Islam.

Malah sebaliknya, sangat peduli pada umat Islam maupun rakyat Indonesia secara keseluruhan. "Jadi, stigma itu sepertinya memang sengaja dikembangkan lawan-lawan politik yang enggak suka sama Jokowi," katanya.

Apalagi, kata Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia ini, stigma dibangun dengan indikator yang tidak jelas.

"Jadi, saya menilai sangat tepat Jokowi dinobatkan salah satu tokoh muslim paling berpengaruh di dunia. Jokowi selama ini selalu menggunakan pendekatan budaya Nusantara terhadap kelompok mana pun," pungkas Ramses.

Selain Jokowi, tokoh Indonesia yang masuk dalam Top 50 di The Muslim 500 adalah Kiai Said Aqil Siradj (peringkat 22). (gir/jpnn/pul)

Berita Terkait


Peringati Tahun Baru Islam Ribuan Warga Ikuti Pawai

Ratusan Benda Pusaka Disucikan Secara Massal

Begini Kreasi Lampion Peringati Tahun Baru Islam 1 Muharram

Tahun Baru Islam, Ratusan Siswa Membagikan 1001 Nasi Kotak Kepada Kaum Dhuafa


Kemenag Butuh 26 Ribu Guru Agama Islam

Upacara Ngambu Pancer Tandai Pergantian Tahun Islam

Sambut Tahun Baru Islam, Ribuan Peserta Meriahkan Karnaval Nusantara

Nasionalisme Bung Karno adalah Nasionalisme Islam
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber