Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Hingga kini, tim dokter terus berupaya meningkatkan kondisi bayi kembar siam dengan memberikan asupan gizi dan obat-obatan khusus.
Jika Kondisi Membaik, Kembar Siam Asal Lamongan 3 Bulan Mendatang Operasi Pemisahan
Minggu, 15-04-2018 | 06:18 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Hingga hari ketiga bayi kembar siam Anindita dan Anindia, asal Babat Lamongan, masih terus diobservasi oleh tim dokter RSUD dr Soetomo Surabaya. Bayi kembar dempet dada atau thoracopagus ini, mengalami kelainan jantung dan terus diberikan asupan gizi.

 
Untuk pertumbuhan organ vitalnya, tim dokter kembar siam ini memberikan susu khusus melalui selang sonde. Upaya ini akan terus dilakukan, hingga kondisi tubuhnya membaik dan siap melakukan operasi pemisahan.
 
Ketua tim dokter siam RSUD dr Soetomo dr. Agus Harianto menjelaskan, secara medis kondisi kembar siam dempet bagian dada atau thorax, akan melibatkan jantung dalam kasus ini. Saat jantung menjadi satu atau mengalami kelainan, maka harapan hidup baik dengan atau tanpa operasi adalah rendah, atau 35 hingga 40 persen dari seluruh kasus.
 
Namun, tim dokter yang memiliki keahlian dan peralatan operasi RSUD dr soetomo yang mendukung, diharapkan mampu mendongkrak harapan hidup bayi kembar siam Anindita-Anindia.
 
Hingga kini, tim dokter terus berupaya meningkatkan kondisi bayi kembar siam dengan memberikan asupan gizi dan obat-obatan khusus.

"Namun, jika kondisi bayi kembar siam belum menunjukkan kondisi yang diharapkan, maka tim dokter akan melakukan operasi darurat dengan resiko tinggi," jelas dr Agus Harianto.
 
 
Hingga kini, kembar siam Anindita-Anindia masih terbaring lemah di ruang Neonatal Intensif Care Unit (NICU), Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT), RSUD Dokter Soetomo Surabaya. Keberadaan bayi kembar siam dengan kasus yang sama ini, merupakan kasus yang ke-89 yang ditangani RSUD dokter soetomo Surabaya. (yos)
 
   



Berita Terkait


Kasihan, Bayi Kembar Siam Menyusul Khalisa Meninggal Dunia

Innalillahi, Khanisa Bayi Kembar Siam Asal Ternate Meninggal Dunia

Masih Tahap Pemulihan, Bayi Kembar Siam Sudah Dapat Minum

Bismillah, Pagi Ini Bayi Kembar Siam Khanisa-Khalisa Mulai Operasi Pemisahan


Bayi Kembar Siam Asal Ternate Tiba di RSU dr Sutomo

Bayi Kembar Siam Asal Lamongan Tidak Bisa Dipisahkan

Bayi Kembar Siam Di Probolinggo Tidak Bisa Dioperasi

Jika Kondisi Membaik, Kembar Siam Asal Lamongan 3 Bulan Mendatang Operasi Pemisahan
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber