Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Gus Abid Tegaskan Ketum Ansor Minta Laporan Puisi Sukmawati Dicabut
Selasa, 10-04-2018 | 19:40 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Perintah Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) GP Ansor, Yaqut Cholil Quomas (Gus Yakut) terkait pencabutan laporan puisi Sukmawati Soekarnoputri di Polda Jatim, hingga kini tak kunjung dilakukan Ketua Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jatim, Rudi Tri Wahid.

Rudi tak memungkiri ada perintah dari ketua umumnya, namun dia masih menunggu hasil koordinasi dengan para kiai di PWNU Jatim. "Prinsipnya iya (ada perintah dari ketum) tapi teknisnya masih menunggu perkembangan," katanya.

Perkembangan yang dimaksud, kalau dari sisi hukum dan perintah kiai memang harus ada pencabutan laporan, maka dia akan mengikuti. "Yang kita ikuti ini kan kiai," tandasnya.

Sebaliknya, Sekretaris PW GP Ansor Jatim, Mohammad Abid Umar Faruq yang mendapat perintah langsung dari Gus Yakut dan sudah dikoordinasikan dengan Rudi, menuturkan, soal dilaksanakan atau tidak, itu hak Rudi sebagai ketua.

Namun Gus Abid, sapaan akrabnya, sudah melakukan koordinasi dengan Sekjen PP GP Ansor untuk membahasan pencabutan laporan tersebut lewat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) PP GP Ansor. "Kalau dilaporkan lewat lembaga, otomatis Ansor yang akan mencabut tanpa harus lewat LBH PW Ansor, mungkin seperti itu. Kan kita punya LBH PP Ansor. Jadi mungkin saja akan kita cabut lewat LBH PP Ansor," katanya.

Cucu KH Zainuddin Djazuli, pengasuh Ponpes Al Falah, Ploso, Kediri itu menambahkan, seandainya PW Ansor Jatim mau berkoordinasi terlebih dahulu dengan PP, mungkin tidak akan sampai terjadi laporan ke Polda Jatim. "PWNU memang induk organisasi Ansor di Jatim. Namun garis koordinasi Ansor Jatim tetap dengan PP. Jadi untuk koordinasi, harusnya dengan PP GP Ansor, bukan dengan PWNU Jatim," tandasnya.

Saat ditanya, apakah langkah Ansor Jatim yang melaporkan Sukmawati karena mematuhi perintah PWNU Jatim itu keliru, "Bukan keliru! Tapi ketua umum kan bilang: Kalaupun koordinasi dengan kita, pasti kita larang. Berarti kan enggak ada koordinasi," sergahnya.

Mengapa tidak ada koordinasi antara Ketua Ansor Jatim dengan Ketum Ansor? "Sampeyan bisa artikan sendiri lah. Saya tidak tahu," katanya sambil tersenyum.(end)


Berita Terkait


Gus Abid Tegaskan Ketum Ansor Minta Laporan Puisi Sukmawati Dicabut

Meski Telah Minta Maaf, Aliansi Pembela Islam Tetap Laporkan Sukmawati ke Polda Jatim

BIN Ingatkan Kemungkinan Ada Pihak Goreng Kasus Sukmawati

Gelar Demo, GUIB Tak Mau Maafkan Sukmawati


Inilah Isi Puisi Sukmawati Soekarnoputri Yang Berbuntut Somasi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber