Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Kunyit. Ilustrasi Foto: pixabay
Jangan Sepelekan Bumbu Dapur ini, Ternyata Banyak Manfaatnya
Sabtu, 07-04-2018 | 07:28 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Kunyit, kunir, atau nama latinnya Curcuma longa, adalah salah satu jenis rempah yang populer di Benua Asia. Orang-orang memanfaatkannya untuk berbagai macam hal, termasuk untuk bumbu masakan dan pengobatan herbal, salah satunya mengatasi masalah haid.

Penyebaran kunyit dimulai dari kawasan India, lalu ke Asia Tenggara seperti Malaysia, Indonesia, kemudian sampai Australia, bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia, India, serta bangsa Asia pernah mengonsumsi tanaman ini, baik dalam makanan ataupun sebagai bagian dari pengobatan.

Khasiat kunyit terbukti relevan untuk segala macam kondisi, mulai dari kesehatan organ pencernaan, daya tahan tubuh, hingga organ intim. Hal itu turut disampaikan oleh dr. Nitish Basant Adnani dari KlikDokter.

"Ekstrak kunyit memiliki efek antioksidan, koleretik (menstimulasi aliran empedu), kolekinetik (menstimulasi kontraksi kantong empedu), antiradang, antikanker, antimikroba, dan antiradang," ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Nitish menjelaskan bahwa berbagai uji klinis telah menunjukkan bahwa kunyit bermanfaat dalam mengurangi gejala penyakit mag, seperti nyeri perut, mual, muntah, dan kembung. Ditambah lagi, banyak sekali penelitian yang melaporkan bahwa bubuk kunyit serta kurkuma menunjukkan manfaat yang baik.

Sejauh ini, tidak ada efek samping bermakna yang diamati pada penggunaan kunyit.

Berbicara tentang kunyit, dari sekian banyak kasus, dia juga berperan dalam membantu wanita melewati proses menstruasi. Siklus haid yang datang pada waktunya, terkadang menyiksa di awal meski akhirnya reda. Lantas, bagaimana kunyit berperan dalam melancarkan haid?

Peran kunyit saat haid datang.

Zat kurkumin dalam kunyit dapat meringankan berbagai macam rasa sakit, salah satunya saat pramenstruasi, lewat proses neurotransmiter. Saat bereaksi dalam tubuh, kurkumin yang merupakan senyawa kimia akan memengaruhi otak dan melemahkan rasa sakit. Hal ini turut memengaruhi perubahaan suasana hati yang terjadi selama PMS.

Kunyit dapat sangat membantu menangani masalah yang sering terjadi pada haid, seperti:

1. Mengurangi lemas dan nyeri otot.

Rasa sakit pada otot dan tulang wajar dialami oleh wanita saat haid melanda. Dengan mengonsumsi kunyit, tubuh akan mendapat tambahan energi sekaligus obat alami untuk mengurangi rasa lemas dan nyeri.

Kunyit yang bersifat antiinflamasi tidak akan memberikan efek samping pada perut dan lambung Anda. Sehingga, mengonsumsinya saat haid datang menjadi pilihan yang tepat.

2. Memperlancar haid.

Kunyit yang memiliki aktivitas estrogenik dapat merangsang uterus yang sekaligus membantu melancarkan siklus menstruasi. Hal ini berdampak pada terpicunya aliran darah.

3. Menghindari kembung selama haid.

Kurkumin pada kunyit dapat membantu meringankan gejala kembung yang terjadi selama atau sebelum menstruasi. Peran mengatasi rasa kembung ini juga dapat dimanfaatkan bagi Anda yang sedang dilanda mag.

4. Terhindar dari infeksi.

Selama menstruasi, tubuh wanita cenderung rentan terhadap infeksi. Dengan mengonsumsi kunyit yang memiliki keunggulan sebagai agen antimikroba, tubuh akan terhindar dari segala macam infeksi akibat bakteri serta kuman kotor sekitar Anda.

Jika dikonsumsi secara teratur, kunyit berkhasiat menjaga keseimbangan stamina dalam kondisi apa pun, termasuk menjelang haid. Untuk melancarkan menstruasi, mengatasi nyeri haid, keputihan dan bau badan, kunyit bisa menjadi salah satu jawabannya.(RS/RVS/klikdokter/jpnn/pul)

Berita Terkait


Jangan Sepelekan Bumbu Dapur ini, Ternyata Banyak Manfaatnya

Susu Kunyit, Minuman Sehat Banyak Manfaat..Ini Resepnya

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4677814','2018-04-20','06:05:39','62114','Jangan Sepelekan Bumbu Dapur ini, Ternyata Banyak Manfaatnya','54.198.122.70','1','desktop')