Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Bamsoet: Sebagai Muslim Saya Juga Tersinggung Puisi Sukmawati
Rabu, 04-04-2018 | 13:29 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini bahwa puisi Sukmawati Soekarnoputri berjudul Ibu Indonesia bukan suara dari keluarga Presiden RI Pertama Soekarno.

"Saya yakin itu bukan suara dari keluarga Bung Karno. Itu adalah pribadinya Bu Sukma," kata Bamsoet di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (4/4).

Politikus Partai Golongan Karya (Golkar) yang karib disapa Bamsoet ini mengaku tidak tahu apa motivasi Sukmawati membuat dan membacakan puisi tersebut. Namun yang pasti, Bamsoet berpandangan bahwa ketika mencampuradukkan agama dan kebudayaan itu sangat keliru.

"Tidak boleh. Apalagi kemudian menilai suatu ajaran agama dalam bentuk puisinya, itu sangat menyinggung sekali," ungkap Bamsoet.

Dia menyesalkan Sukma sebagai tokoh tidak menunjukkan panutan, di mana Indonesia hidup dalam keberagaman agama dan saling menghormati di antara ajaran agama. "Menurut saya yang terbaik sekarang Bu Sukma meminta maaf," katanya.

Terkait adanya rencana aksi salah satu kelompok masyarakat, Bamsoet mengatakan DPR memahami apa pun reaksi yang timbul atas puisi tersebut. "Saya juga sebagai muslim tersinggung mengenai puisi itu," tegasnya.

Namun, Bamsoet berharap, bentuk protes yang dilakukan nanti adalah yang baik, santun, tidak merusak dan membua gaduh dalam kehidupan kebangsaan.

Dia pun menilai bahwa pelaporan ke polisi adalah jalan yang paling tepat supaya dilakukan penyidikan apakah ada unsur kesengajaan dari Sukma terkait puisi tersebut.

"Tetapi bahwa itu melukai suatu kelompok, iya, tetapi justru kami ingin Bu Sukma dengan lapang dada meminta maaf atas kekeliruannya kemudian meralat itu, selesai," pungkasnya. (boy/jpnn/pul)

Berita Terkait


Hari Puisi Sedunia, Ghibah Puisi Untuk Curhat ala Perempuan

Siswa SMA se-Jatim Mengenal Budaya Lokal Lewat Musikalisasi Puisi

Gus Abid Tegaskan Ketum Ansor Minta Laporan Puisi Sukmawati Dicabut

Meski Telah Minta Maaf, Aliansi Pembela Islam Tetap Laporkan Sukmawati ke Polda Jatim


Hari Kartini, Cagub Jatim Khofifah Membaca Puisi Dan Borong Buku Kartini di Kampung Ilmu

Gus Abid Tegaskan Ketum Ansor Minta Laporan Puisi Sukmawati Dicabut

Tanggapi Puisi Sukmawati, Pemuda Muhammadiyah Meminta Hal Ini

Bamsoet: Sebagai Muslim Saya Juga Tersinggung Puisi Sukmawati

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber