Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Arah aliran air yang masuk ke dalam spillway itu menuju irigasi sungai yang berada di seberang jalan. Tujuannya bangunan ini mengaliri sawah sejak jaman belanda. Foto Farid
Ternyata Sumur di Tengah Sungai Peninggalan Kolonial
Rabu, 04-04-2018 | 12:00 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Usai viral di media sosial, sumur peninggalan kolonial belanda di Kecamatan Tegal Siwalan, Kabupaten Probolinggo, ramai menjadi tontonan. Warga mengaku heran ada sumur di tengah sungai, dan air sungai masuk ke dalam lubang sumur.

Sumur di tengah sungai ini berada di Desa Sumber Bulu, Kecamatan Tegal Siwalan. Sumur berdiamater sekitar 4 meter ini tampak masih terlihat kokoh. Meski air sungai terus masuk ke dalam sumur tersebut.

Salah satu warga yang penasaran itu Fifian, warga probolinggo. Dia dengan suaminya penasaran dengan sumur di tengah sungai. "Saat saya lihat dari dekat, sumur tersebut bisa menampung air dan terlihat sangat bagus," kata Fifian.

Kemunculan sumur ini langsung menyebar luas di media sosial. Banyak warga penasaran fenomena sumur ini. Apalagi ditambah bumbu bumbu mistis, bahwa air yang masuk ke dalam sumur menuju ke laut utara dengan jarak sekitar 15 kilo meter dari lokasi.

Padahal yang terlihat sumur ini terbuat dari batu bata, dengan posisi di tengah sungai antara Dam irigasi. Di perkirakan kedalam sumur ini sekitar 5 meter saja.

Sementara itu Halmidi, Petugas Dinas Pengairan Probolinggo mengatakan, lubang mirip sumur ini bernama spillway. Bangunan irigasi itu merupakan peninggalan Kolonial Belanda.

Sebenarnya arah aliran air yang masuk ke dalam sumur itu menuju sungai yang berada di seberang jalan. "Tujuan dibangunnya irigasi ini, agar air bisa mengairi sawah yang berada di seberang jalan," kata Halmidi.

Soal aliran air bisa tembus ke laut utara dipastikan Halmidi tidak benar. Sebab di desa tersebut masih terdapat beberapa aliran sungai yang berasal dari lubang mirip spillway ini. (pul)

Berita Terkait


Sumur di Dua Desa Kering, Warga Panik

Sumur Warga Tercemar Lumpur Akibat Proyek Pipa Gas Bojonegoro

Diduga Terpeleset, Pemuda Tewas Dalam Sumur

Diduga Terpeleset, Kakek 78 Tahun Tewas Tercebur Sumur


Sumur Warga Tercemar Lumpur Akibat Proyek Pipa Gas Bojonegoro

Diduga Terpeleset, Pemuda Tewas Dalam Sumur

Diduga Terpeleset, Kakek 78 Tahun Tewas Tercebur Sumur

Coba Bunuh Diri, Nenek 59 Tahun Ceburkan Diri ke Dalam Sumur
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber