Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Menhub : Tunggu Keputusan Aplikator Soal Tarif Ojek Online
Senin, 02-04-2018 | 17:30 wib
Oleh : Iman Pujiono
Berita Video : Menhub : Tunggu Keputusan Aplikator Soal Tarif Ojek Online
Jakarta pojokpitu.com, Kementerian Perhubungan masih menunggu keputusan dari aplikator penyedia jasa dan pengemudi mengenai penetapan tarif transportasi ojek online. Dikatakan Menhub, pemerintah saat ini hanya menjadi fasilitator sehingga tidak ikut campur dalam mengatur penetapan tarif tersebut.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementrian Perhubungan saat ini hanya menjadi fasilitator untuk memberikan kesempatan bagi kedua pihak antara pengemudi dan pihak managemen aplikasi Grab dan Gojek untuk berdiskusi soal tarif.

"Dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, hanya mengatur besaran tarif batas atas dan bawah taksi online saja. Sementara mengenai tarif ojek online tidak diatur," kata Budi Karta Sumadi.
 
Tarif ini ojek oline harus diatur ulang karena pengemudi ojek online mengeluhkan rendahnya tarif yang berlaku selama ini, yaitu Rp1.600 per kilometer. Penetapan ini dianggap merugikan para pengemudi. Para driver ojek online kemudian mengusulkan tarif dapat naik menjadi Rp 2.500 per km.

Berdasarkan perhitungan Kemenhub, harga yang pantas untuk jasa ojek online sebesar Rp 2.000 per km, belum termasuk potongan untuk aplikator.

Sebagai informasi, tuntutan para driver ojek online mengenai rasionalisasi tarif ini menyusul keputusan sepihak oleh pihak aplikator. Aplikator berencana menurunkan tarif yang akan berdampak pada pendapatan driver ojek online.

Merasa tuntutan tak direspons oleh pihak aplikator, para driver melakukan unjuk rasa di depan Istana Negara dan berharap Presiden Joko Widodo bisa mendengarkan aspirasi pengemudi ojek online. Mediasi itu pun membuahkan hasil, Jokowi memerintahkan kepada Kementerian Perhubungan untuk menindaklanjuti keluhan driver ojek online.(end)

Berita Terkait


Pemkab Jember Mediasi Ulang Agar Konflik Ojek Online dan Konvensional Tidak Terulang

Pelaku Pengeroyok Sopir Ojek Online Ditembak Polisi

Pembunuhan Driver Ojek Online, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

Tukang Becak Bersama Mahasiswa Demo Tolak Ojek Online


Polisi Tetapkan 1 Tersangka Pembunuh Pengemudi Ojek Online

Polisi Lakukan Otopsi Pengemudi Ojek Online Yang Tewas Dikeroyok

Pembunuhan Driver Ojek Online, Polisi Periksa Sejumlah Saksi

Tukang Becak Bersama Mahasiswa Demo Tolak Ojek Online
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber