Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ratusan Kepala Desa dan Perangkat Desa Demo Kantor BPN
Senin, 02-04-2018 | 16:19 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Ratusan kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Ponorogo melakukan unjuk rasa di kantor Badan Pertanahan Nasional kabupaten setempat. Selain sebagai bentuk solidaritas atas penangkapan tiga orang perangkat desa dan perwakilan pokja beberapa waktu lalu, massa juga menuntut kepastian hukum terkait program pendaftaran tanah sistim lengkap, (PTSL) yang digulirkan pemerintah pusat.

Ratusan kepala desa yang melakukan aksi unjuk rasa di kantor Badan Pertanahan Nasional kabupaten setempat ini memprotes program PTSL. Ini karena program tersebut dinilai belum memberikan kepastian hukum terhadap penyelenggara khususnya di tingkat desa, yang menyebabkan tiga orang perangkat Desa Ngunut, Kecamatan Babadan, Ponorogo, terjerat hukum.
 
"Kami selama ini belum pernah diberikan sosialisasi dari BPN, terkait proses pelaksanaan program PTSL, termasuk surat keputusan bersama tiga menteri yang menyatakan besaran biaya yang dibebankan kepada pemohon. Hal tersebut membuat para kepala desa akhirnya merasa terjebak, karena tidak ada regulasi yang jelas. Ini mengakibatkan mereka harus memungut biaya dari warga pemohon PTSL dengan nominal yang bervariasi," kata Subarno.
 
Atas hal itu, ratusan kepala desa menjadi resah. Sehingga mereka kompak mengembalikan program PTSL ini kepada pemerintah karena dinilai tidak memberi payung hukum yang jelas.
 
Seperti diketahui, beberapa waktu lalu Kejaksaan Negeri Kabupaten Ponorogo telah  melakukan operasi tangkap tangan terhadap tiga orang perangkat desa. Penangkapan tersebut terkait pungutan kepada warga pemohon PTSL sebesar Rp 400 ribu, yang dinilai telah menyalahi aturan.(end)

Berita Terkait


Kapolrestabes Surabaya Ajak Media Jogo Suroboyo

BPN Kota Surabaya Mulai Canangkan Kebijakan 1 Peta

Bambang Haryo Tegaskan Koalisi Masih Solid

Kanopi BPN Ambrol, WKR Minta Kejaksaan Usut Lelangnya


BPN Kota Surabaya Mulai Canangkan Kebijakan 1 Peta

Pungli PTSL, BPN Nganjuk Dituntut Bertanggungjawab

Ini Jawaban Jubir BPN Soal Isu Sandiaga Uno Diusir Prabowo

Sebanyak 1001 Sertifikat Tanah Diserahkan BPN ke Warga

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber