Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Oknum Kades, Sekdes dan Warga Terjaring OTT Kejaksaan Ponorogo
Rabu, 28-03-2018 | 21:22 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Kejaksaan Negeri Ponorogo melakukan operasi tangkap tangan atas kasus pendaftaran tanah sistem lengkap di Desa Ngunut, Ponorogo. Dalam OTT ini, petugas menangkap tiga tersangka dan mengamankan barang bukti berupa uang tunai ratusan juta rupiah milik warga yang hendak ikut peserta proram ptsl dari pemerintah pusat.

Ketiga tersangka yang terjaring operasi tangkap tangan, diantaranya Hari Sumarno, Kepala Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo, Alwin Febrianto, Sekretaris Desa dan Fajar Shodik Ketua Pokmas Desa setempat.

Sebelum dilakukan penetapan dan penahanan ketiga tersangka, petugas melakukan pemeriksaan secara maraton di ruang pidana khusus Kejaksaan Negeri Ponorogo hingga menelan waktu lebih dari 3 jam lamanya.

Dari hasil pemeriksaan penyidik kejaksaan, ketiga tersangka ini telah terbukti melakukan pungutan liar di program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL). Ketiga tersangka telah memungut biaya untuk program PTSL senilai Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu.
 
"Total uang hasil praktik haram, ketiga tersangka ini mencapai Rp 370 juta dengan perincian Rp 170 juta uang tunai dan Rp 200 juta tersimpan dalam ATM. Ketiga tersangka langsung dilakukan penahanan untuk memudahkan penyidikan lebih lanjutnya," kata Hilman Azazi , Kajari Ponorogo.

Sementara atas perbuatan ketiga tersangka ini, petugas menjeratnya dengan pasal berlapis yakni pasal 2,3,12 huruf e Undang Undang nomor 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi jo pasal 55 ayat 1 KUHP perbuatan melawan hukum yang dilakukan bersama - sama. Sedangkan ancaman hukumannya minimal 4 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


KPK Bantarkan Syahri Mulyo ke Surabaya Untuk Menjalani Sidang

Inilah Proyek Yang Jadi Sandungan Walikota Pasuruan Setiyono

Lakukan Pungli Kometmen FE, Ketua K3TK dan Kepala Sekolah Tertangkap Tangan Inspektorat

Resmi, 12 Politisi Tersangka Korupsi Masih Terjatat Jadi Caleg


Pasca OTT di Satpas Polres Kediri, Pelayanan SIM Masih Berjalan Normal

Belasan Orang Oknum Polres Kediri Terjaring OTT Satber Pungli

KPK Bawa 4 Terperiksa OTT di Blitar dan Tulungagung

KPK OTT Pejabat Blitar dan Tulungagung
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber