Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Akibat cuaca buruk seperti ini, nelayan di Pantai Utara Tuban Desa Kradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban harus waspada. Foto Khusni Mubarok
Gelombang Tinggi Menerjang Laut Utara Tuban, Nelayan Harus Waspada
Senin, 26-03-2018 | 12:58 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Gelombang tinggi disertai angin kencang, kembali di laut utara jawa di Kabupaten Tuban. Badan Meteorologi Klimatologi Dan Giofisika mengimbau agar waspada saat melaut.

Cuaca buruk akan terjadi di perairan utara laut Jawa sejak 3 hari terakhir. Menyebabkan gelombang tinggi hingga mencapai 2,5 meter. Akibatnya nelayan tak berani melaut, serta panik saat perahu yang mereka tumpangi dihempas ombak besar. Demi menyelamatkan diri, mereka pun terpaksa menepi kembali dengan hasil tangkapan yang minim.

Kondisi ini juga membuat nelayan berjaga-jaga di tepi pantai, mengantisipasi sewaktu-waktu tali perahu mereka putus diterjang ombak, agar  bisa segera diperbaiki.

Tak hanya ombak besar dan angin kencang, hujan ringan hingga sedang juga melanda laut utara jawa. Cuaca buruk ini, dipicu adanya bandai siklon tropis markus,yang terjadi di laut samudra hindia, di selatan pulau jawa. Sehingga untuk pulau Jawa sebagian besar merasakan bandai tersebut.

Menurut Andrie Wijya,Kepala Obsevasi Dan Teknisi BMKG Tuban, pihaknya mengimbau agar warga yang ada di sepanjang bibir pantai waspada. "Cuaca buruk ini diperkirakan akan kembali normal Selasa besok. Mengingat badai siklon bergerak menjauh menuju selatan Pulau Jawa," kata Andrie. (pul)

Berita Terkait


Ombak Masih Cukup Tinggi, Nelayan Cari Ikan di Pinggir

Cegah Perseteruan Antar Nelayan, ASN Dibekali 4 Pilar Kebangsaan

Nelayan Tak Melaut, Stok Ikan Makin Terbatas

Nelayan Pembunuh Janda Divonis Enam Tahun Penjara


Gelombang Laut Capai 6 Meter, Nelayan Tak Berani Melaut

BMKG Juanda Himbau Nelayan Berhenti Melaut

Ombak Tinggi Membuat Nelayan di Blitar Tidak Melaut

Akibat Cuaca Buruk Nelayan Enggan Melaut
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua