Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Profesor Ilham Utama Masis, Ketua Umum PB IDI.
Prihatin Kasus Kriminalisasi Tenaga Kesehatan, IDI Akan Kawal Proses Hukum ZA
Minggu, 25-03-2018 | 20:15 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Berita Video : Prihatin Kasus Kriminalisasi Tenaga Kesehatan, IDI Akan Kawal Proses Hukum ZA
Surabaya pojokpitu.com, Prihatin atas dampak dari viral video pasien yang diduga dilecehkan pasca operasi yang dilakukan seorang perawat di National Hospital, Januari lalu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menggelar seminar hukum kesehatan. Seminar bertema Jeratan Hukum Dalam Pelayanan Kesehatan ini dilaksanakan di Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan.

Seminar ini merupakan aksi solidaritas untuk membantu kasus hukum kriminalisasi perawat ZA, yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan pelecehan seksual terhadap seorang pasien di National Hospital, Januari lalu.
 
Seminar yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), di Gedung Serba Guna Jalamangkara, Rumah Sakit Angkatan Laut Dr Ramelan ini dihadiri oleh Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Ilham Utama Masis, dan guru besar anestesiologi Universitas Airlangga, Eddy Raharjo.
 
Tak hanya itu, seminar ini juga menghadirkan istri perawat ZA, Windarimawati dan sejumlah dokter serta perawat di Surabaya. Dalam seminar itu, pihak IDI menyatakan kekecewaan dan terhadap pihak penegak hukum yang tak memahami perspektif hukum kesehatan dan spesifiknya interaksi tubuh manusia.
 
Bahkan, kasus perawat ZA telah dikriminalisasi tanpa menghitung kemungkinan adanya efek samping obat bius yang menyebabkan halusinasi seksual. "Melalui seminar ini, IDI segera meminta pihak penegak hukum, khususnya pihak Pengadilan Negeri Surabaya bertindak adil, profesional, proporsional dalam mengadili perkara Za," ungkap Profesor Ilham Utama Masis, Ketua Umum PB IDI.
 
Pihak IDI akan terus mengawal kasus perawat ZA yang diduga melakukan pelecehan terhadap seorang pasien di National Hospital.(end)

Berita Terkait


Prihatin Kasus Kriminalisasi Tenaga Kesehatan, IDI Akan Kawal Proses Hukum ZA


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber