Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Opini 

PENULIS: NANANG PURWONO Wakil Pimpinan Redaksi JTV / Penulis buku
Pengatas Nama LPMK Dinoyo Gagal Paham Sejarah
Minggu, 25-03-2018 | 00:27 wib
Oleh : Nanang Purwono
Surabaya pojokpitu.com, Pro dan kontra di seputar masalah rencana penggantian nama jl Dinoyo disikapi oleh kelompok warga yang mengatasnamakan masyarakat Dinoyo.

Kelompok warga yang mengatasnamakan LPMK Dinoyo ini setuju dengan penggantian name jl Dinoyo menjadi jl Sunda di ruas jalan Dinoyo sisi utara mulai dari pertigaan jl Mojopahit-Dinoyo, hingga perempatan jalan Keputran. Argumen LPMK Dinoyo ini, mencontohkan pernah adanya perubahan jl dr Soetomo menjadi jl Polisi Istimewa (baca Metropolis JP Hari ini, 24 Maret 2018.

Menurut penulis, LPMK Dinoyo tidak tahu sejarah, bahwa nama jalan dr Soetomo gak bisa dibandingkan dgn jalan Dinoyo. Karena jalan dr Sutomo, yang kemudian berganti menjadi jl. Polisi Istimewa, adalan nama jalan baru.

Dulu jalan dr Soetomo menggantikan jl Coen Boulevard peninggalan era kolonial. Seperti yang dikatakan Kuncarsono seorang pegiat Sejarah Surabaya. Bahwa ketika orang Belanda membuat nama jalan, mereka tidak merubah nama yang sudah ada sebelumnya. Mereka membuat nama baru untuk jalan-jalan  baru yang mereka buat. Salah satunya jalan yang sekarang bernama jalan Polisi Istimewa. Kala itu jalan baru itu diberi nama jl Coen Boulevard. Coen adalah nama Gubernur Jendral Hindia Belanda, Jan Pieterzoon Coen. Jalan-jalan baru lainnya di sekitar tenpat itu juga diberi nama name gubernur Jendral.

Penguasa Belanda di Surabaya sangat menghargai kearifan lokal. Mereka tidak merubah nama jl Dinoyo. Nama jl Dinoyo tetap mentereng di antara name nama besar penguasa Hindia Belanda. Lalu di era Pemerintahan moderen pasca kemerdekaan, nama nama gubernur Jendral itu diubah menjadi nama nama kerajaan, seperti Mojopahit.

Ingat, penamaan jalan-jalan  kerajaan ini untuk menyesuaikan keberadaan jl Dinoyo yang sudah lama Ada. Dinoyo adalah nama yang berbau kerajaan. "Prasasti Dinoyo".

Kalau orang jaman sekarang, akan merubah secuil nama jl. Dinoyo menjadi nama lainnya, pertanyaan kita sekarang adalah, siapa yg bisa hargai sejarah? (pul)

Berita Terkait


Tak Setuju Perubahan Nama Jalan, Dua Pejuang Veteran Temui Soekarwo

Paguyuban Mas TRIP Jatim Tolak Hasil Paripurna DPRD Surabaya

Diwarnai Aksi WO, Perubahan Nama Jalan Gunungsari dan Dinoyo Disahkan

Perubahan Nama Jalan Tetap Berjalan dan Rapat Paripurna Diwarnai Walk Out


Tak Setuju Perubahan Nama Jalan, Begini Sikap Fatchul Muid

Menakar Polemik Perubahan Nama Jalan di Era Reformasi Birokrasi Pakde Karwo

Ketua Pansus Nama Jalan Tetap Tolak Perubahan Nama

Warga Tolak Perubahan Nama Jalan Dinoyo dan Gunungsari
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua