Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Para Siswa SMP Tempuh Ujian Akhir Lewat Kegiatan Seni Budaya
Sabtu, 24-03-2018 | 22:12 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Siswa-siswi SMPN II Ngrayun mengikuti ujian akhir sekolah, dengan kegiatan praktek seni dan budaya. Selain bentuk pengembangan kreatifitas, juga bentuk pelestarian seni dan budaya lokal Kabupaten Ponorogo.

Sejumlah siswa-siswi kelas IX, mengikuti ujian praktik akhir, dengan menarikan Jathilan Reyog Ponorogo. Hal ini sebagai salah satu prasyarat siswa-siswi di dalam menempuh ujian akhir, sebelum mereka lulus dari sekolah menengah pertama (SMP).

Para siwa-siswi ini sebelumnya harus berlatih hampir setiap hari selama berminggu-minggu, agar mampu menarikan Tarian Jathilan dengan baik . Dalam mengikuti ujian ini, para orang tua, juga warga masyarakat dapat melihat langsung putra-putrinya menarikan tari tradisional Kabupaten Ponorogo .

Tidak hanya Tari Jathilan saja, namun ada berbagai tarian lain yang sesuai dengan keinginan dan kreatifitas para siswa, seperti Tarian Bujang Ganong, yang rata-rata penarinya adalah para siswa .

"Ujian praktik akhir sekolah ini, selain bentuk dari pengembangan bakat dan minat siswa, juga sebagai bentuk pelestarian kesenian dan budaya lokal Ponorogo," ungkap Prastyo Suko Widodo, selaku Kepala Sekolah SMPN 2 Ngrayun.

Sementara dalam kegiatan pegelaran seni budaya dan penilaian akhir tahun sekolah ini akan terus dilakukan di sekolah SMPN 2 Ngrayun Ponorogo. Selain bertujuan melestarikan budaya, pihak sekolah juga berusaha nguri nguri budaya dan mencari generasi muda agar para pemeran seni budaya tidak punah.

Selain Tarian Jathil, Pujang Ganong, para siswa juga menunjukkan kebakatannya seni Tari Gambyong, Ketoprak hingga mempertunjukkan kemahiran tiga bahasa, yakni Bahasa Jawa, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.(end)

Berita Terkait


Para Siswa SMP Tempuh Ujian Akhir Lewat Kegiatan Seni Budaya

Terdampak Banjir , Ujian Akhir Semester SMPN I Arjosari Terganggu


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber