Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Aktifitas puncak gunung?ijen, sudah kondisif. Foto Muhammad Iqbal
Wisata Kawah Ijen Ditutup Akibat Gas Beracun
Jum'at, 23-03-2018 | 19:40 wib
Oleh : Muhammad Iqbal,Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Wisatawan yang hendak melakukan pendakian di Kawah Ijen, harus bersabar diri. Pasalnya, saat ini Gunung Ijen ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan akibat gas beracun, sehingga pihak pemantau tempat wisata gunung ijen menghimbau keras kepada pecinta alam untuk berhati-hati dan memantau waktu yang di tentukan.

Tempat wisata Gunung Kawah Ijen mengeluarkan gas beracun pada Rabu )21/3) malam, sehingga ratusan warga diungsikan dan pendakian resmi ditutup. Lokasi terdampak menurut pengamat kawah ijen yaitu, di Wilayah Perkebunan Margahayu dan Watucapil , Kecamatan Ijen Kabupaten Bondowoso yang berjarak sekitar 7 km dari kawah .

Petugas Pemantau Kawah Ijen Sumpenah menjelaskan, bahwa letupan gas beracun ini memang karena kondisi hujan. Sehingga, permukaan kawah jadi dingin, sementara dasar kawah panas hingga menyebabkan letupan yang mengeluarkan gas.

"Kejadian letupan seperti ini memang sering terjadi setahun sekali khususnya pada musim penghujan," ujar Sumpenah.

Sedangkan untuk aktifitas puncak gunung ijen, sendiri sudah kondisif, namun dilihat secara fisual masih ada bekas letusan.

Selain itu, untuk mengantisifasi hal yang tidak diinginkan petugas pantau kawah langsung berkordinasi dengan pihak BKSDA, untuk menutup pendakian sementara sampai waktu yang di tentukan. (yos)

Berita Terkait


Wisata Kawah Ijen Ditutup Akibat Gas Beracun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber