Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dosen di Jawa Timur Belum Memiliki Jabatan Akademik
Sabtu, 17-03-2018 | 23:18 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Kuwalitas perguruan tinggi di Jawa Timur, ternyata tidak diimbangi dengan Sumber Daya Manusia yang ada. Khususnya untuk para dosen, yang ternyata hingga Maret 2018 ini terdapat 10.600 dosen yang belum memiliki jabatan fungsional akademik.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Raden Petrus Subekti, bagian Ketenagaan Dan Kemahasiswaan Kopertis VII, di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA). Menurutnya, jumlah dosen dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan, hingga kini mencapai 14 ribu orang.

Dari jumlah tersebut, 10.600 dosen ternyata belum memiliki jabatan fungsional akademik. Padahal jumlah dosen yang memiliki jabatan akademik ini, bisa mempengaruhi kualitas perguruan tinggi.

"Untuk Rektor terdapat 3.600, asisten ahli masih sekitar 5 ribu, dan dosen yang belum memiliki jabatan akademik sebanyak 10.600. jumlah itu dari UNUSA sebanyak 115 orang," kata Petrus.
 
Sementara itu Rektor UNUSA, Profesor Achmad Jazidie mengatakan, untuk mengurangi jumlah dosen yang belum memiliki jabatan akademik ini, kopertis vii akan selalu mendorong dan membantu dosen yang memiliki penelitian seperti jurnal internasional.

"Saya berharap kepada dosen-dosen UNUSA, agar terlecut motivasinya untuk membuat jurnal nasional maupun internasional. Agar bisa mendapatkan angka kredit yang disyaratkan oleh Kopertis VII," ujar Achmad Jazidie.

Sejak Januari 2017, Kopertis VII melakukan perubahan pengurusan kenaikan pangkat. Para dosen tidak lagi datang ke Kopertis VII, untuk menyerahkan berkas-berkasnya, melainkan bisa melalui media online. (pul)

Berita Terkait


Kreasi Anak Bangsa, Mahasiswi UNUSA Ciptakan Tempe Coklat

Dosen di Jawa Timur Belum Memiliki Jabatan Akademik

Tangkal Aliran Ekstrem Masuk Kampus, Unusa Dirikan PPMPI


Pacu Semangat Enterpreneurship, Chairul Tanjung Beri Kuliah Umum di Unusa

Teliti Gangguan Kejiwaan, Lima Mahasiswi Unusa Lolos Pimnas
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber
Koneksi Gagal Mas query= insert into deteksi_terpopuler (urut,tgl,jam,key_urut_berita,judul_berita,ip,jumlah_baca,perangkat) values ('4678122','2018-04-20','06:29:32','61040','Dosen di Jawa Timur Belum Memiliki Jabatan Akademik','54.198.122.70','1','desktop')