Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

semangat Yoyok Waluyo dalam memperjuangkan hak disabilitas
Perjuangkan Hak Disabilitas Melalui Kampanye Keliling Indonesia
Jum'at, 16-03-2018 | 19:02 wib
Oleh : Unggul Dwi Cahyono, Muhammad Zainurofi
Kediri pojokpitu.com, Penyandang disabilitas asal Kabupaten Kediri, Yoyok Waluyo rela mengelilingi Indonesia dengan menggunakan sepeda motor yang dimodifikasi. Ia melakukan hal ini demi memperjuangkan hak-hak dan keadilan bagi penyandang cacat di indonesia.

Perjalananya sudah dimulai sejak Oktober 2017 lalu dengan mengambil start di Kabupaten Mojokerto. Pria penyandang cacat di kaki ini telah mengunjungi empat daerah di Jawa Timur yaitu, Probolinggo,Pasuruan,Malang dan Mojokerto.

Pada jumat (16/3), dia mampir di Kantor Pemerintah Kabupaten Kediri, sebagai tempat lahirnya. Yoyok bakal mendatangi 33 kota dan kabupaten di Indonesia, dengan target waktu 8 bulan dengan mengambil finish di ibu kota Jakarta.

Yoyok Waluyo menjelaskan, selama berkunjung di beberapa daerah, pria berumur 44 tahun ini melihat masih banyak tempat umum seperti terminal, perkantoran baik negeri maupun swasta serta tempat wisata yang belum ramah difabel.

"Sarana dan prasaranan hanya didesain untuk masyarakat normal, sehingga seperti saya yang mengandalkan alat bantu berjalan harus tertatih tatih dan rawan celaka disaat melewati tangga," ujar Yoyok Waluyo.

Untuk itu, ia terus mengkampanyekan hak-hak kaum disabilitas yang telah diatur dalam undang-undang nomor 8 tahun 2016, namun diabaikan. Melalui perjalanan keliling ini ia berharap agar pemerintah lebih peka.

Perjalanan panjang keliling Indonesia ini tidak mulus, Yoyok kerap mendapatkan halangan. Pada saat kehabisan ongkos, dia rela menjadi seorang pemulung barang bekas untuk dijual dan juga menjadi tukang pijat sebagai salah satu keahliannya. Biasanya, Yoyok menginap di tempat ibadah dan di kantor polisi.

Di Kediri, selain datang ke kantor bupati, Yoyok juga datang ke kantor walikota. Dia kemudian meneruskan perjalanan keliling ke Kabupaten Tulungagung, Blitar dan Trengalek.

Setelah dari 3 daerah tersebut, rencananya Yoyok akan menyeberang ke pulau Kalimantan dan berkeliling ke kota dan kabupaten disana. (yos)

Berita Terkait


Bertahan Hidup Dari Kerajinan Anyaman Bambu

Konsorsium Ayo Inklusi, Perluas Kesempatan Bekerja Bagi Penyandang Disabilitas

Kreatif, Seorang Penyandang Disabilitas Buat Karya Mobil Khusus

Miris, Hidup Suharto Mantan Atlet Disabilitas Internasional Sangat Prihatinkan


Ceria Penuh Semangat, Begitulah Kolaborasi Penari dan Anak Disabilitas Ini

Miris, Hidup Suharto Mantan Atlet Disabilitas Internasional Sangat Prihatinkan

Obor Asian Games Disambut dan Dikirab Oleh Penyendang Disabilitas

Perjuangan Penyandang Disabilitas Guna Mendapatkan SIM
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber