Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Tirai Bambu Bondowoso Tembus Pasar Jawa dan Bali
Rabu, 14-03-2018 | 23:23 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Berita Video : Tirai Bambu Bondowoso Tembus Pasar Jawa dan Bali
Bondowoso pojokpitu.com, Tirai bambu atau krey, sebutan bagi kerajinan yang memanfaatkan bahan baku bambu dengan fungsi untuk meredam cahaya matahari dan angin masuk ke dalam rungan. Di Kabupaten Bondowoso, sentra perajin tirai bambu terdapat di Pegunungan Argopuro, tepatnya di Desa Sumber Dumpyong Kecamatan Pakem.

Kerajinan tirai bambu sudah dilakukan turun temurun sejak tahun 80-an. Setiap harinya, warga mengambil bambu di atas gunung, kemudian dipotong dan dirajut. Bambu selanjutnya dibilah, dibersihkan dengan sayat untuk diambil bagian luarnya saja. Proses ini merupakan proses terlama pembuatan tirai bambu atau krey.

Setelah bambu siap, para perajin kemudian merakit bilah-bilah kecil dengan cetakan berbentuk balok panjang, dimana setiap 15 centimeter cetakan terdapat celah tempat tali kecil pengait bambu. Sebagai pemberat agar ikatannya kuat, diujung tali diberi kayu sebesar kepalan tangan.

Salah satu perajin tirai bambu Muhammad Gofur (33), tampak sangat mahir dalam merakit dan menganyam tirai bambu. Pekerjaan semacam ini, rutin dilakukan gofur setiap harinya.

Dalam sehari, rata-rata setiap perajin mampu menghasilkan 5 buah tirai berukuran 2 x 2 meter. Para perajin tak perlu keluar rumah untuk menjual karyanya, sebab tirai bambu telah dijemput oleh pengepul dari berbagai daerah. Seperti Semarang, Yogyakarta, Mojokerto, dan beberapa wilayah di pulau Bali.

"Untuk harga, sebuah tirai berukuran 2 meter persegi dijual dengan harga Rp 40 sampai Rp 45 ribu, dan untuk ukuran 3 meter persegi dijual dengan harga Rp 60 ribu," ujar Muhammad Gofur.

Perajin Desa Sumber Dumpyong ini sangat mengharap perhatian pemerintah. Berupa alat irat, atau pembersih bambu setelah dibilah, agar proses produksi bisa semakin cepat. (pul)

Berita Terkait


Tirai Bambu Bondowoso Tembus Pasar Jawa dan Bali

Buka Warung Tidak Bertirai, Pedagang Ditegur Satpol PP

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua