Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Enam Mahasiswa secara ilegal, telah meretas 3 ribu sistem elektronik yang tersebar di 43 negara. Tiga diantaranya telah ditangkap Polda Metro Jaya, yang bekerjasama dengan Agen FBI Amerika Serikat.Foto Iman
Inilah Mahasiswa Asal Surabaya yang Ditangkap Unit Cyber Crime
Rabu, 14-03-2018 | 13:01 wib
Oleh : Iman Pujiono
Surabaya pojokpitu.com, Direktorat Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Unit Cyber Crime, berhasil mengamankan 3 dari 6 hacker, atau peretas ilegal sistem elektronik. Para pelaku telah membobol data perusahaan di 43 negara.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo  Yuwono, ketiganya merupakan mahasiswa asal Surabaya jurusan IT. Mereka berinisial NA, KPS dan ATP. Pelaku melakukan ilegal penetration testing dengan modus, masuk ke sebuah sistem tanpa izin. Setelah sistem diretas dan mengalami kekacauan, tersangka kemudian mengirimkan pesan elektronik kepada perusahaan pemilik sistem. Kemudian pelaku langsung meminta imbalan uang untuk memperbaikinya.

"Aksi mereka ini telah dijalankan sejak 2017 lalu, dan masing masing tersangka meraup keuntungan dari hasil kejahatan dunia maya ini hingga Rp 200 juta," kata Kombes Pol Argo.

Polisi masih memburu tiga hacker lainnya, yang juga masih berstatus sebagai mahasiswa. Identitas pelaku lain ini sudah dikantongi polisi.

Untuk penyelidikan lebih lanjut, para tersangka kini ditahan di Polda Metro Jaya. Mereka di jerat pasal yang mengatur tentang undang undang informasi dan transaksi elektronik. Dengan hukuman maksimal 12 tahun penjara. (pul)

Berita Terkait


Inilah Mahasiswa Asal Surabaya yang Ditangkap Unit Cyber Crime

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber