Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

petugas mereservasi naskah kuno. foto Moh Hasan
Preservasi Naskah Kuno, Menjaga Warisan Budaya Nenek Moyang
Rabu, 14-03-2018 | 08:28 wib
Oleh : Moh. Hasan
Pamekasan pojokpitu.com, Menjaga warisan budaya bangsa, naskah kuno yang ada di pondok pesantren Az Zubair Sumber Anyar Desa larangan tokol Kecamatan Tlanakan Pamekasan Madura, dilakukan preservasi oleh perpustakaan nasional Republik Indonesia.

Proses preservasi ini, konservasi yang digitalisasi untuk naskah yang ada di Pondok Pesantren Sumber Anyar tersebut.

Proses konservasi yang dilakukan adalah dengan cara perbaikan dan perawatan fisik dari koleksi itu sendiri. Mulai dari proses deasidifikasi, yakni proses untuk menghilangkan keasaman yang muncul dari kertas dengan cara disemprot menggunakan barium dan methanol.

Setelah itu, dilakukan manding berupa menambal atau menyambung kemudian laminasi berupa melapisi koleksi dengan tisu jepang yang diberika lem, kemudian disusun kembali untuk di jilid ulang.

Proses penjilidan ini dilakukan tidak untuk merubah atau mengembalikan koleksi itu pada semula, akan tetapi nantinya generasi yang akan datang turun-temurun akan menemukan koleksinya itu, seperti halnya koleksi jaman dahulu yang pernah dibuat oleh nenek moyang.

Kemudian dilanjutkan dengan digitalisasasi dengan cara memfoto dengan tekhnologi fotografi yang kemudian diedit terus dikemas dengan  bentuk yang lebih friendly.

Kordinator tim pusat Preservasi Pelestarian Naskah Daerah Pamekasan Perpustakaan Nasional RI Aris Riyadi mengatakan, koleksi yang dimiliki oleh Ponpes ini adalah koleksi-koleksi yang bisa dikatakan tua sekali dan merupakan bagian dari warisan budaya Indonesia.

"Hal ini harus dilestraikan agar jati diri serta identitas dari Indonesia itu akan diketahui oleh generasi muda yang akan datang," Ujar Kordinator pusat  Aris Riyadi.

Sementara pengelola Perpustakaan Raden Umroh Pondok Pesantren Az Zubair Sumber Anyar, Habibullah mengatakan, bahwa tema kitabnya sikitar kurang lebih 500 tema kitab, jumlah kitabnya sebanyak 135 sementara, naskah yang paling tua sekitar tahun 1600. (yos)

Berita Terkait


Preservasi Naskah Kuno, Menjaga Warisan Budaya Nenek Moyang


Alternatif Liburan Edukasi Warisan Budaya Sumenep
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua