Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Infotainment 

Laut Bercerita, Film Pendek Ingatkan Pemerintah Akan Tragedi Penculikan Aktivis 1998
Selasa, 13-03-2018 | 21:51 wib
Oleh : Endang Pergiwati
Surabaya pojokpitu.com, Novel Laut Bercerita karya Leila Chudori ini memang menarik, dan semakin menarik ketika novel tersebut diangkat dalam bentuk film pendek. Novel yang mengungkap tragedi 1998, dan disusul dengan penculikan para aktivis, ini memang belum tuntas hingga kini.

Film pendek Laut Bercerita ini yang disutradarai Pritaghita Arianegara ini menampilkan aktor-aktor terbaik, seperti Reza Rahardian, Dian Sastrowardoyo, Ayushita Nugraha, Tio Pakusadewa, Lukman Sardi, Aryani Willems dan aktor lainnya.

Film ini berkisah tentang seorang pemuda bernama Biru Laut Wibisono, seorang mahasiswa yang juga aktif dengan gerakan yang mengkritik ketidakadilan pemerintah. Suatu hari, Biru Laut diculik para pria tak dikenal. Ia disekap, disiksa dan tak pernah pulang lagi ke keluarganya. 

Ditanya soal alasan mengangkat novel Laut Bercerita yang bertema penculikan aktivis ini ke layar lebar, Wisnu Darmawan, sang produser film dengan judul yang sama mengatakan, dirinya sejak awal terkesan dengan novel tersebut. Selain itu, dirinya bersama Yayasan Dian Sastrowardoyo tidak ingin hanya memproduksi genre film yang sudah banyak tersedia di pasaran.

Sementara Leila Chudori mengaku tidak memiliki target apapun saat menulis novel tersebut. "Saya menulis saja apa yang ada dalam pikiran saya, dengan data-data hasil wawancara pada para aktivis dan keluarga korban penculikan aktivis," paparnya.

Penulis berbagai novel ini juga membantah bila dikatakan peluncuran film tersebut ada hubungannya dengan moment khusus pilkada serentak saat ini. "Sebelumnya, saya tidak tahu kapan novel itu akan selesai. Saya juga tidak berpikir sebelumnya, bahwa novel ini akan dihubungkan dengan moment Pilkada. Saya menulis begitu saja," tambahnya.(end)


Berita Terkait


Laut Bercerita, Film Pendek Ingatkan Pemerintah Akan Tragedi Penculikan Aktivis 1998

Novel Laut Bercerita Ungkap Tragedi 1998

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua