Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Novel Laut Bercerita Ungkap Tragedi 1998
Selasa, 13-03-2018 | 21:23 wib
Oleh : Endang Pergiwati
Surabaya pojokpitu.com, Salah satu keistimewaan dari sebuah karya sastra yang memuat peristiwa bernilai sejarah, adalah karya sastra tersebut menjadi penggugah atau pengingat akan suatu peristiwa bersejarah. Meskipun peristiwa tersebut merupakan sebuah kekeliruan besar yang menyangkut penguasa atau pemerintah pada saat itu.

Terkait karya sastra yang memuat peristiwa bersejarah, Dr Adi Setijowati, dosen jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga menilai, Leila Chudori adalah sastrawan yang berani mengulas peristiwa bersejarah melalui dua karyanya, Pulang dan Laut Bercerita. Khususnya pada novel Laut Bercerita ini, Leila mengungkapkan kisah keluarga korban penculikan aktivis pada tahun 1998. Ini dikatakan Dr. Adi Setijowati saat acara diskusi dan bedah buku Laut Bercerita, di Ruang Siti Parwati, Fakultas Ilmu Budaya Unair, Selasa (13/3).

Selain sebagai pengingat sejarah, Wilson, mantan aktivis 1998, menyatakan dirinya salut dengan karya Leila. Karena novel tersebut tidak hanya mengungkap peristiwa tersebut, namun juga memaparkan dampak material dan psikologis yang dialami korban maupun keluarga korban. Sekalipun Wilson tidak menjamin 100 persen bahwa apa yang diungkapkan dalam novel tersebut, sama persis dengan kejadian nyata di masa lalu.

"Meski demikian, apa yang diungkapkan dalam novel tersebut, menjadi penting karena mengingatkan kita akan tragedi 1998 dan persoalan yang hingga kini tak kunjung tuntas," tegas Wilson.

Sementara Leila Chudori, si penulis Laut Bercerita ini, menyampaikan modal utama data untuk menulis novel tersebut, hasil reportase semasa dirinya menjadi jurnalis media Tempo dengan sejumlah tokoh penting di negeri ini. Dari hasil reportase inilah, dirinya menyusun novel.(end)

 


Berita Terkait


Novel Laut Bercerita Ungkap Tragedi 1998

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua