Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Selain melakukan penyegelan, petugas juga menyita 4200 karton makanan yang akan diteliti bahan dan kandungannya. Foto Rosi
Bpom Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Beromset Ratusan Juta
Selasa, 13-03-2018 | 10:09 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Balai Besar Pengawasan Obat Dan Makanan ( Bpom) Jawa Timur di Surabaya melakukan penggerebakan pabrik pengolahan jajanan anak-anak yang menyalahi ijin edar sejak tahun 1992.

Petugas melakukan pengerebekan di PT Asahan Food, pabrik olahan makanan ringan khusus anak-anak di kawasan Nambangan, Kenjeran, Surabaya. Penggerebekan dilakukan setelah Bpom menerima laporan dari  masyarakat, bahwa ada pabrik makanan yang belum memiliki ijin edar dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia.

Menurut Kepala Bpom Jatim di Surabaya, Sapari, atas informasi tersebut, pihaknya melakukan penyelidikan dan terbukti benar. Dari penggerebekan, petugas mendapati bungkus makanan tidak dicatumkan ijin edar dari Bpom. Serta hanya mencantumkan surat penyuluhan dari Dinas Kesehatan, yang diperuntukan untuk industri rumahan. Atas temuan ini, langsung menyita 4.200 kemasan karton serta melakukan penyegelan terhadap seluruh mesin peoduksi.

"Pelanggaran yang kami temukan juga tanpa ijin edar, serta hanya SP saja itupun tahun 1992 dan tidak berlaku lagi," kata kata Sapari.

Sementara itu, Phiek Bie, pemilik pabrik berdalih surat ijin masih dalam pengurusan, dan hingga kini belum selesai. Pemilik pabrik berkilah tetap melakukan produksi, lantaran harus memberikan upah kepada 70 karyawan. Jika produksi bisa mendapatkan omset ratusan juta rupiah per bulannya.

"Suratnya sudah kita urus, karena tahap-tahap banyak maka tidak bisa cepat jadi, ya.. bagaimana kita namanya cari makan karyawan," kata Phiek Bie.
 
Selain melakukan penyegelan terhadap aktivitas pabrik, petugas Bpom juga akan mengirimkan bahan ke laboratorium. Untuk mengetahui uji bahan dan kandungan makanan hasil olahan pabrik yang sudah berdiri sejak tahun 1992 itu. (pul)

Berita Terkait


BPOM Temukan Kerupuk Mengandung Borax dan Rhodamin B

Sidak Mamin,BPOM Temukan Pelanggaran

Gubernur Instruksikan Penarikan Sardine, Dewan Desak Ada BPOM di Setiap Kabupaten Kota

Tak Punya Izin Edar, D Natural Digerebek BPOM


Sidak Mamin,BPOM Temukan Pelanggaran

Sidak Mamin di Supermarket, BPOM Temukan Makanan Berformalin dan Kadaluarsa

BPOM Uji Makanan dan Minuman Penjual Takjil

Ribuan Kosmetik Tanpa Ijin Edar Dari Ratusan Merk Diamankan BPOM
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber