Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Mentan Targetkan Indonesia Penghasil Kopi Terbanyak di Dunia
Senin, 12-03-2018 | 05:12 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan kementerian yang dipimpinnya juga akan fokus memajukan komoditas kopi di Indonesia. Bahkan dia memiliki mimpi besar menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu penghasil kopi di dunia.

Menurut dia, di Indonesia ada sekitar enam juta orang petani kopi dan komunitasnya. Sehingga dia akan berusaha memaksimalkannya.

"Indonesia sekarang urutan keempat (produsen kopi di dunia), dulunya urutan ketiga, kalau bisa kembali ke ketiga. Kuncinya kelembagaannya diperbaiki, kemudian akses perbankannya diperbaiki, produktivitas kita tingkatkan," kata Amran saat menghadiri deklarasi Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) di BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (11/3).

Indonesia kata dia hanya kalah dari Brasil, Kolumbia, dan Vietnam sebagai negara penghasil kopi terbanyak. Bahkan pria kelahiran Bone ini mengatakan, dulunya Vietnam berguru di Indonesia soal kopi. Tapi sekarang negara tetangga Indonesia itu bisa memproduksi tiga hingga empat ton kopi per hektare.

"Indonesia masih 0,7 ton per hectare. Kalau ini kita angkat sudah cukup, karena luasan lahan kita sama dengan Brasil 1,7 juta hectare. Kalau diangkat 3 ton per hektare hingga bisa 6 ton bisa menjadi nomor satu di dunia, itu mimpi besar kita," urai dia.

Dia juga berharap Dekopi ini tak hanya sebatas seremoni tapi benar-benar bermanfaat bagi Indonesia. "Sekarang per tahun sudah 700 ribu ton produksi, semoga bisa bertambah," tegas dia. (mg1/jpnn/end)

Berita Terkait


Sering Konsumsi Kopi Instan? Ini Bahayanya

Gemar Minum Kopi Bisa Pengaruhi Kondisi Kulit?

Inilah Resiko Kebanyakan MInum Kopi

Sensasi Kopi Gratis Dari Barista Mantan Pengguna Narkoba


Perkenalkan Potensi Daerah Melalui Lomba Kopi

Kelazatan Nasi Goreng Melek Kopi

Benarkah Minum Kopi Bisa Melindungi Otak?

Modal Kopi Darat, Warga Jombang Gasak Motor dan Ponsel
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber