Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Mentan Targetkan Indonesia Penghasil Kopi Terbanyak di Dunia
Senin, 12-03-2018 | 05:12 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyatakan kementerian yang dipimpinnya juga akan fokus memajukan komoditas kopi di Indonesia. Bahkan dia memiliki mimpi besar menjadikan Indonesia sebagai negara nomor satu penghasil kopi di dunia.

Menurut dia, di Indonesia ada sekitar enam juta orang petani kopi dan komunitasnya. Sehingga dia akan berusaha memaksimalkannya.

"Indonesia sekarang urutan keempat (produsen kopi di dunia), dulunya urutan ketiga, kalau bisa kembali ke ketiga. Kuncinya kelembagaannya diperbaiki, kemudian akses perbankannya diperbaiki, produktivitas kita tingkatkan," kata Amran saat menghadiri deklarasi Dewan Kopi Indonesia (Dekopi) di BSD, Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (11/3).

Indonesia kata dia hanya kalah dari Brasil, Kolumbia, dan Vietnam sebagai negara penghasil kopi terbanyak. Bahkan pria kelahiran Bone ini mengatakan, dulunya Vietnam berguru di Indonesia soal kopi. Tapi sekarang negara tetangga Indonesia itu bisa memproduksi tiga hingga empat ton kopi per hektare.

"Indonesia masih 0,7 ton per hectare. Kalau ini kita angkat sudah cukup, karena luasan lahan kita sama dengan Brasil 1,7 juta hectare. Kalau diangkat 3 ton per hektare hingga bisa 6 ton bisa menjadi nomor satu di dunia, itu mimpi besar kita," urai dia.

Dia juga berharap Dekopi ini tak hanya sebatas seremoni tapi benar-benar bermanfaat bagi Indonesia. "Sekarang per tahun sudah 700 ribu ton produksi, semoga bisa bertambah," tegas dia. (mg1/jpnn/end)

Berita Terkait


Inilah Langkah Bikin Kopi Pagi Anda Menjadi Minuman Sehat

Awali Panen, Pemilik Kebun Gelar Ritual Petik Kopi

Jelang Panen, Perkebunan Kopi Gelar Ritual Kawin Kopi

Bisnis Kopi Java Ijen Raung Didominasi Anak Pemuda


Blue Fire dan Kopi, Jadi Motif Batik Bondowoso

Bondtea Teriyaki, Saus Sehat Berbahan Kulit Kopi

Berkah Ramadhan, Pengrajin Kopiah Kain Percah Batik Kebanjiran Permintaan

Bisnis Kopi Java Ijen Raung Didominasi Anak Pemuda
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber