Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Jelang Nyepi, Ratusan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Petirtaan Jolotundo
Minggu, 11-03-2018 | 16:30 wib
Oleh : Aminuddin Ilham
Berita Video : Jelang Nyepi, Ratusan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Petirtaan Jolotundo
Mojokerto pojokpitu.com, Menjelang perayaan Nyepi, ratusan umat Hindu di Jawa Timur, menggelar upacara Melasti di Petirtaan Jolontundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Minggu siang. Kegiatan upacara Melasti yang diikuti sebelas pure dilakukan untuk proses pembersihan diri dan sembilan senjata Nawasanga.

Upacara Melasti yang dilakukan ratusan umat Hindu di Jawa Timur ini, berlangsung di Petirtaan Julotundo, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto. Sebelum melakukan Melasti, umat Hindu yang berasal dari 11 pure di Sidoarjo, Pasuruan dan Mojokerto, mengarak berbagai sesaji, seperti jempana dan gebokan.
 
Sejumlah sesaji yang dibawa diletakkan di pelataran Petirtaan Jolotundo. Prosesi upacara Melasti tahun ini dilakukan dengan cara berbeda, karena sejumlah tokoh adat dilibatkan serta kegiatan Melasti ini menonjolkan berbagai kebudayaan Jawa dan kearifan lokal.
 
Prosesi Melasti di Petirtaan Jolotundo, yang dipimpin sejumlah tokoh dan sesepuh umat Hindu ini berlangsung khidmat meski sempat diguyur hujan.Seluruh umat Hindu dan sembilan senjata Nawasanga dibersihkan sebagai simbul penyucian diri untuk kemakmuran rakyat Indonesia dan pelestarikan alam.
 
"Upacara Melasti tahun ini, sengaja digelar di Petirtaan Jolotundo karena bangunan situs ini merupakan peninggalan Prabu Airlangga yang merupakan putra dari Kerajaan Udayana. Sehingga umat Hindu menganggap Petirtaan Jolotundo merupakan peninggalan asli dari masyarakat Hindu Bali," kata I Wayan Sudan, Sekretaris PHDI Kota Mojokerto.
 
Upacara Melasti ini dilakukan sepekan sebelum pelaksanaan Nyepi, yang jatuh pada tanggal 17 Maret mendatang. Melasti dilakukan untuk pembersihan diri, sembilan senjata Nawasanga atau peralatan ibadah pada perayaan Nyepi nanti.

Usai melakukan upacara Melasti, sejumlah umat Hindu dan masyarakat sekitar saling berebut air dengan membawa jurigen dan botol yang berasal dari sumber mata air Petirtaan Jolotundo.(end)

Berita Terkait


Jelang Nyepi, Ratusan Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Petirtaan Jolotundo

Ribuan Umat Hindu Suku Tengger Gelar Upacara Melasti

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber