Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Dubes Arab Saudi Hormati Larangan Bercadar UINSA dan UIN Kalijaga
Sabtu, 10-03-2018 | 04:21 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Berita Video : Dubes Arab Saudi Hormati Larangan Bercadar UINSA dan UIN Kalijaga
Surabaya pojokpitu.com, Larangan kuliah bercadar di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan UIN Kalijaga Jogjakarta, mendapat tanggapan dari Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia.

Osama Mohammed Abdullah Alshuaibi menghormati aturan UINSA yang melarang mahasiswinya memakai cadar demi kelancaran komunikasi dosen dan mahasiswi. Sikap hormat itu diungkapkan saat memberikan kuliah umum di Aula Garuda Mukti, kampus C UNAIR Mulyorejo Jumat (9/3) siang tadi.

Osama Mohammed Abdullah Alshuaibi, di depan 400 mahasiswa UNAIR menilai larangan berkuliah memakai cadar ini merupakan internal Pemerintah Indonesia. Pihaknya tidak bisa mempengaruhinya.

Osama menuturkan, di Arab Saudi, jumlah perempuan bercadar mencapai separuh dari populasi. Pemerintah Arab Saudi memberikan perlindungan kepada perempuan bercadar yang belajar di kampus, agar cepat menyelesaikan pendidikannya.

"Jika memang larangan memakai cadar itu diberlakukan, itu merupakan kebijakan internal Pemerintah Indonesia. Saya tidak punya wewenang untuk ikut campur atas kebijakan tersebut dan kita mengikuti aturan di Indonesia karena di negeri ini umat Islam selalu menjadi teladan di dunia," ujar, Dubes Arab Saudi, Osama Mohammed Abdullah Alshuaibi.

Sementara itu, aturan larangan bercadar di kampus UINSA dan UIN Kalijaga Jogjakarta, juga disikapi sejumlah Universitas Islam di Surabaya. Di Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA), mengajak mahasiswinya berdialog seputar pemakaian cadar di kampus.

Rektor UNUSA, Profesor Ahmad Jazidie, menilai larangan bercadar di kampus tersebut tidak tepat bila disertai ketakutan mahasiswi terlibat radikalisme. "Perempuan bercadar belum tentu terlibat faham ekstremisme," kata Profesor Ahmad Jazidie. (pul)

Berita Terkait


Dubes Arab Saudi Hormati Larangan Bercadar UINSA dan UIN Kalijaga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber