Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Diprotes Warga, Pemilik Peternakan Ayam Pilih Tutup Usaha
Kamis, 08-03-2018 | 17:09 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Usai mendapat keluhan warga sekitar lantaran bau tidak sedap menyengat hingga berujung pemeriksaan dari Satuan Polisi Pamong Praja, peternakan ayam di Desa Kedung Rejo Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun memilih tutup. Sementara Dinas Lingkungan Hidup setempat yang turut meninjau lokasi juga menyatakan kebersihan lokasi kurang terjaga dengan baik sehingga menimbulkan bau.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun juga meninjau lokasi peternakan milik seorang pengusaha benama Muhdari di Desa Kedungrejo, Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun. Tindakan ini diambil lantaran banyak warga yang  memprotes karena bau yang ditimbulkan dari limbah kotoran ayam di tempat tersebut mengganggu permukiman sekitarnya.

Menurut petugas dinas, kandang berkapasitas 800 ekor ayam jenis petelur ini bisa menimbulkan bau tidak sedap cukup menyengat lantaran sistem kebersihannya dinilai kurang baik. Sebut saja untuk pembersihan kotoran ayam normalnya dilakukan rutin setiap minggu, namun di tempat tersebut hanya dilakukan sebulan hingga dua bulan sekali.

Menanggapi reaksi warga sekitar, Muhammad Dari, pemilik peternakan, menyatakan berencana untuk menutup usaha peternakan tersebut meski pada waktu pemeriksaan oleh petugas Satpol PP mendapat desakan untuk segera mengurus izin dan relokasi yang aman agar tidak mengganggu lingkungan sekitar.

Rencananya, Dinas Lingkungan Hidup akan memberikan bimbingan kepada pemilik usaha peternakan yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Madiun, untuk berhati-hati dalam usaha peternakan agar tidak mengganggu lingkungan sekitar. Demikian dikatakan Bambang Brasianto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun. (end)

Berita Terkait


Diprotes Warga, Pemilik Peternakan Ayam Pilih Tutup Usaha

Kepala DLH: Peternakan Ayam Pasti Berbau

Limbah Peternakan Ayam Menggangu, Warga Minta Ditutup

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber