Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Inilah Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol
Senin, 05-03-2018 | 15:35 wib
Oleh :
Jakarta pojokpitu.com, Kolesterol adalah lemak yang bisa ditemukan di dalam darah, yang dibutuhkan sel tubuh. Selain diproduksi tubuh secara alami, kolesterol juga didapat dari makanan. Kolesterol terbagi dalam dua jenis, yaitu LDL (low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoprotein). LDL sering disebut kolesterol jahat, sementara HDL adalah kolesterol baik.

Jika LDL bisa meningkatkan risiko sakit jantung, serangan jantung dan stroke, maka HDL mampu menekan risiko penyakit tersebut.

Jika selama ini pola makan yang Anda terapkan memicu kolesterol tinggi, maka kini saatnya mengubah apa yang Anda makan untuk menekan kadar kolesterol.

Simak deretan makanan penurun kolesterol tinggi berikut ini, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (4/3).

1. Gandum

Jika Anda ingin menurunkan kolesterol Anda, kuncinya mungkin hanya mengubah makanan pagi Anda.

Mengaktifkan sarapan Anda yang mengandung dua porsi gandum bisa menurunkan kolesterol LDL ("buruk") sebesar 5,3 persen hanya dalam waktu 6 minggu.

Kunci pelebur kolesterol ini adalah beta-glukan, zat pada gandum yang menyerap LDL yang kemudian diekskresikan oleh tubuh Anda.

2. Anggur merah

Ternyata anggur merah Tempranillo berserat tinggi sebenarnya bisa menurunkan kadar kolesterol secara signifikan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid di Spanyol menemukan bahwa ketika individu mengonsumsi suplemen anggur yang sama dengan anggur merah, maka kadar LDL mereka menurun sebesar 9 persen.

Selain itu, mereka yang memiliki kolesterol tingg melihat penurunan LDL sebesar 12 persen.

3. Ikan salmon

Lemak omega-3 adalah salah satu keajaiban kesehatan alami dunia dan telah terbukti bisa menangkal penyakit jantung, demensia dan banyak penyakit lainnya.

Kini, asam lemak ini bisa menambahkan manfaat kesehatan lain pada repertoar mereka, yakni menurunkan kolesterol.

Menurut penelitian dari Loma Linda University, mengganti lemak jenuh dengan omega-3 seperti yang ditemukan pada salmon, sarden dan herring bisa meningkatkan kolesterol baik sebesar 4 persen.

4. Kacang

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition, orang-orang yang mengonsumsi 1,5 ons kenari utuh enam hari seminggu selama sebulan, mampu menurunkan kolesterol total mereka sebesar 5,4 persen dan kolesterol LDL sebesar 9,3 persen. Almond dan kacang mete adalah pilihan bagus lainnya.

5. Teh

Sementara teh telah dikenal karena antioksidan melawan kanker, teh juga merupakan pertahanan yang hebat terhadap kadar kolesterol LDL yang tinggi.

Menurut penelitian yang dilakukan dengan USDA, teh hitam telah terbukti bisa mengurangi lipid dalam darah hingga 10 persen hanya dalam tiga minggu.

Temuan ini disimpulkan dalam studi yang lebih besar tentang bagaimana teh juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung koroner. (fny/jpnn/pul)

Berita Terkait


Apakah Sering Marah Bisa Picu Kolesterol Tinggi ?

Apa Yang Terjadi pada Tubuh Saat Kolesterol Tinggi

Inilah 6 Cara Bisa Turunkan Kolesterol Jahat

Inilah Makanan yang Bisa Turunkan Kolesterol


Begini Cara Cegah Kolesterol Usai Idul Adha

Kadar Kolesterol Naik-Turun? Coba deh Lakukan Ini!

5 Jenis Makanan ini Bisa Bantu Turunkan Kolesterol Secara Alami

Wah . . 3 Makanan Ini Bisa Turunkan Kolesterol
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber