Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Lomba Robot Pascal Manfaatkan Tekanan Energi Air
Kamis, 01-03-2018 | 14:09 wib
Oleh : Achmad Arif.
Berita Video : Lomba Robot Pascal Manfaatkan Tekanan Energi Air
Lumajang pojokpitu.com, Jika sebuah robot bisa bergerak layaknya manusia dengan memanfaatkan energi litrik telah biasa. Tapi luar biasa, jika robot itu bergerak dengan memanfaatkan tekanan energi air, seperti lomba robot di SMPN 1 Sukodono, Lumajang.

Lomba pembuatan robot dengan memanfaatkan tekanan energi air itu, diikuti puluhan perserta dari berbagai Sekolah Menengah Pertama (SMP) Se-Lumajang. Para perserta terlihat sibuk merakit aneka robot yang dibuatnya.
 
Berbagai macam robot  dibuat para siswa ini, mulai dari jembatan, escavator, tangga, hingga aneka robot lainnya. Utamanya, para siswa mendapatkan ide robotnya dari sekitar lingkunganya.
 
Dalam pembuatan robot ini, para siswa tak menggunakan energi listrik atau uap seperti biasanya. Justru, para siswa ini memanfaatkan energi tekanan air.
 
Hanya berbekal lem tembak, suntik bekas, selang, dan setik yang dijadikan aneka robot. Para siswa ini hanya membutuhkan waktu 1 hingga 2 jam dalam pembuatan robot.
 
Setelah jadi, para siswa ini mempresentasikan pembuatannya di depan para juri. Berbagai hal ditanyakan, mulai dari fungsinya, hingga kelincahan gerakannya.
 
Sebelum mengikuti kontes robot ini, banyak persiapan yang dilakukan siswa. Mulai ide konsep pembuatan robot dan alat-alat pelengakapnya.
 
Panitia acara Mahrus Agus Syafullah menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas siswa usai menerima materia pengetahuan alam.

"Kebetulan, pembuatan robot ini memanfaatkan teori paskal. Yaitu gerak robot yang menggunakan tekanan energi air," terang Mahrus Agus Syafullah
 
Lomba seperti ini digelar setiap tahunnya, pemenangnya dilihat dari proses pembuatan dan presentasinya. Diharapkan dengan kegiatan ini makin memacu motvasi siswa berkreasi. utamanya dalam bidang teknologi. (pul)

Berita Terkait


Lomba Robot Pascal Manfaatkan Tekanan Energi Air

ITS Gelar Kompetisi Robotik Tingkat Nasional

Anak SD Meriahkan Lomba Robotik

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua