Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Sulap Limbah Kayu Jati Jadi Miniatur Truk
Sabtu, 24-02-2018 | 09:55 wib
Oleh : Ahmad Zainuri,Harry Saktiono
Lamongan pojokpitu.com, Limbah tidak selamanya menjadi barang yang terbuang begitu saja, jika mampu mengolahnya maka limbah menjadi barang yang berharga. Seperti yang dilakukan Widodo, warga Desa Jatipandak , Kecamatan Sambeng.

Ditangan kreatifnya limbah sebetan kayu jati ini disulap menjadi miniatur truck yang memiliki nilai jual tinggi. Pertama kali widodo memilih bahan dari limbah kayu yang didapatnya dari penggergajian disekitar kampungnya.
 
Setelah mendapatkan kayu yang sesuai, proses selanjutnya membuat desain miniatur truck mainan sesuai pesanan. Desain digambar sederhana diatas kertas, kemudian diukur dengan skala sesuai ukuran aslinya.
 
Kayu limbah yang sudah terpilih dibentuk sesuai kebutuhan bagian perbagian miniatur truck mainan, dimulai menggergaji bagian yang paling sulit.
 
Setelah mendapatkan bentuk sesuai desain gambar, potongan potongan limbah kayu ini disusun dengan menggunakan lem kayu dan juga paku.
 
satu persatu rangkaian limbah kayu ini mulai membentuk bagian dasar truck, begitu seterusnya hingga bentuk miniatur truck terbentuk.
 
Pengerajin miniatur truk, Widodo, menjelaskan, dibutuhkan waktu 3  untuk membuat satu unit miniatur truck ini, mulai proses penghalusan, merangkai , serta finishing dengan memasang asesoris serta mengecatnya.
 
"Biasanya, para pemesan berasal dari luar Lamongan, untuk per unit miniatur dihargai Rp 600 ratus ribu," Ujar widodo.
 
Sedangkan bagi pemesan, truck miniatur buatan Widodo halus dan bisa mengikuti selera pemesan, harganya juga terjangkau.

Pembeli miniatur Truck, Agil, mengatakan, bagi anak anak, mainan truck miniatur ini sangatlah bagus, karena persis menyerupai aslinya.
 
Bagi para pemesan, mereka bisa memilih desain bentuk sesuai selera, bahkan boleh juga menyematkan namanya dibagian bak truck miniatur ini. (pul)

Berita Terkait


Sulap Limbah Kayu Jati Jadi Miniatur Truk

Ditangan Fendi, Kain Goni Berubah Menjadi Pot Bunga

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber