Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Misteri Angka Tahun Prasasti Masjid Kemayoran
Kamis, 22-02-2018 | 09:44 wib
Oleh : Nanang Purwono
Surabaya pojokpitu.com, Perlu diunggah kembali tentang angka tahun (1772-1776) pada prasasti Masjid Kemayoran Surabaya. Angka tahun itu tersebut masa pembangunan masjid, yang saat itu secara resmi diamini oleh 3 pejabat.

Ada pejabat dari gubernur jendral Hindia Belanda John Wakop Regungsin, ada residen Surabaya Daniel Franscois Willem Pietermaat, dan bupati Surapringga Raden Adipati Kromojoyodirono.
Namun, jika angka tahun di atas adalah tahun Masehi, maka angka tahun itu tidak cocok dengan penanggalan riwayat Residen Pietermaat yang lahir tahun 1790 dan meninggal tahun 1848. kini sang Residen Pietermaat dimakamkan di Peneleh.

Angka tahun 1772-1776 ini juga tidak sesuai dengan masa jabatan bupati Surapringga yang namanya tersebut pada prasasti. Yakni Adipati Kromojoyodirono yang menjabat sebagai bupati mulai 1819 hingga 1825.

Lantas yang tertera pada prasasti itu (1772-1776) merupakan penanggalan apa?. Kalau dikatakan tahun masehi, maka tidak relevan dengan data riwayat kedua pejabat Surabaya itu.

Jika angkat tahun itu merupakan tahun saka, maka harus ada penambahan 78 agar sama dengan tahun masehi. Maka jadinya 1772+78= 1850. Jika benar, maka tahun 1772 Saka (1850 M) tidak sesuai data riwayat kedua pejabat itu. Pada tahun 1850, Residen Pietermat sudah meninggal. Sedangkan bupati Kromojoyodirono sudah tidak menjabat lagi sebagai bupati Surabaya.

Lantas angka tahun 1772-1776 pada prasasti masjid kemayoran itu menunjukkan tahun apa. Gak ada yang cocok. Ayo siapa yang tahu ? Atau memang ini menjadi rahasia masjid Kemayoran. (pul)

Berita Terkait


Konon Perlaku Pembantai di Masjid Selandia Baru Warga Australia

Team Bersih Bersih Masjid Siap Melayani Panggilan Gratis

Warga Menunggu Masjid Pinggir Tol Dibongkar

Masjid Tiban Babussalam, Peninggalan Syeh Maulana Ishaq


Viral di Medsos, Pencurian Tas di Masjid Terekam CCTV

Rumah Ketua Takmir Masjid Ludes Dilalap Si Jago Merah

Khofifah Disambut Tarian Sufi di Masjid Al Akbar-Surabaya

Maling Kota Amal Dibeberapa Masjid Mulai Disidangkan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber