Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Selain kebanjiran pesanan barongsai, Kusma juga kebanjiran order untuk tampil saat perayaan imlek. Foto Mubarok
Perajin Barongsai Kebanjiran Pesanan Saat Perayaan Imlek
Kamis, 15-02-2018 | 21:03 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Perayaan imlek menjadi berkah tersendiri bagi perajin barongsai dan liang liong di Kabupaten Tuban. Jika dibanding hari biasa, pesanan barongsai mengalami peningkatan hingga dua kali lipat.

Rumah kerajinan barongsai milik Kusma di Desa Kepohagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, nampak sangat sibuk. Sejak sebulan terakhir, pria 47 tahun ini mendapat banyak pesanan barongsai untuk perayaan imlek.
 
Jika dibanding hari-hari biasa, pesanan barongsai mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat. Sampai sejauh ini Kusma telah menerima 6 pesanan barongsai dari pelanggan luar kota. Jika pada hari-hari biasa, jumlah pesanan tidak menentu. "Bahkan terkadang tidak ada pesanan sama sekali, sehingga hanya memproduksi kerangka barongsai saja," kata Kusma.
 
Kusma merupakan satu-satunya perajin  barongsai yang ada di kabupaten tuban. Kemampuan membuat barongsai dipelajarinya secara otodidak. Awalnya kusma tertarik untuk membuat barongsai setelah menonton film-film china. Setelah itu, ia membeli beberapa barongsai, dan menirunya.
 
Bahan utama yang digunakan membuat barongsai adalah rotan, kertas dan kain. Dalam satu minggu, ia dapat menyelesaikan pembuatan satu barongsai. Harga yang ditawarkan antara dua juta lima ratus ribu rupiah hingga empat juta lima ratus ribu rupiah per barongsai.

Sudah lebih dari lima belas tahun, Kusma menjadi perajin  barongsai. Barongsai hasil kreasinya sudah di kirim berbagai daerah di Jawa Timur, hingga Kalimantan.

Selain menjadi perajin  barongsai, Kusma yang juga menguasai pencak silat ini, juga melayani atraksi barongsai. Saat ini, ia bersama tim nya terus berlatih tiap sore, sebagai persiapan atraksi barongsai di sejumlah klentheng di Tuban, pada perayaan imlek besok. (pul)

Berita Terkait


Upacara Tolak Balak di Klenteng Tertua Surabaya

Rayakan Imlek Warga Tionghoa Blitar Gelar Kirap Barongsai

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Ajak Warga Jangan Golput

Berkah Imlek, Penjual Burung Peking Kebanjiran Pembeli


Tahun Baru Imlek, Momen Minoritas Tionghoa di Pacitan Berkumpul

Juru Parkir Pemain Kepala Barongsai Mendapat Berkah di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Menjadi Berkah Bagi Pedagang Pernak-Pernik

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Doa Bersama

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber