Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Sekarang desa ini sudah tidak gelap gulita lagi, berkat teknologi mikrohidro yang digagas oleh warga setempat. Foto Andi
Dengan Teknologi Mikrohidro, Sungai Gunung Argopuro Hasilkan Listrik
Kamis, 15-02-2018 | 12:20 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Beberapa pemukiman warga khusunya daerah terpencil, masih tidak bisa menikmati aliran listrik dari PLN. Jangkaun jauh dan sulitnya medan, di rasakan warga di Desa Kaki Gunung Argopuro Kecamatan Sumber Malang Situbondo.

Sebelumnya listrik merupakan barang langka bagi warga Desa Sumberargo Kecamatan Sumbermalang Situbondo. Jika malam tiba , anak anak di desa setempat terpaksa belajar menggunakan penerangan dari sebatang lilin .
 
Warga di 2 dusun Desa Sumber Argo kini dapat menyalakan listrik dan lampu dari aliran pembangkit listrik mikrohidro. Teknologi tersebut digagas oleh PT Jawa Power, dengan memanfaatkan aliran sungai dari Gunung Argopuro.
 
Sungai bagi warga desa yang berada di kaki Gunung Argopuro ini , ternyata tidak sebagai sumber mata air saja. Aliran air sungai Gunung Argopuro bisa di olah menjadi sumber listrik melalui alat turbin mikrohidro.

Menurut Safiih , penggagas listrik tenaga mikrohidro, banyak kelebihan dari pembangkit listrik mikrohidro. Selain ramah lingkungan, energi yang dapat diperbarui. Biaya operasional Rp 100 ribu, bisa terbilang cukup murah. "Alat mikrohidro ini bisa menghasilkan listrik mencapai 4.000 volt," kata Safiih.
 
Ada puluhan rumah warga bisa menikmati aliran listrik dari tenaga mikrohidro. Bahkan warga dapat beraktifitas pada saat malam hari. Dengan adanya teknologi mikrohidro, bocah di kaki Gunung Argopuro tidak takut akan kegelapan.

Berita Terkait


Diduga Korsleting Listrik, Warung Bakso Terbakar

Korsleting Listrik, Gudang Tisu dan Kertas Ludes Terbakar

Hendak Pasang Bendera Partai, Simpatisan Tewas Kesetrum Listrik Tegangan Tinggi

Keluarga Korban Tewas Kesetrum Tuding Pemilik Kontrakan Harus Bertanggung Jawab


Tersengat listrik, 4 warga tewas mengenaskan

Bupati Probolinggo Curhat, Masih 2.100 Warganya Belum Teraliri Listrik

Korsleting Listrik, Rumah Santoso Terbakar Habis

Mobil Listrik Pertama Buatan Mahasiswa di Banyuwangi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber