Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pendidikan 

Polisi Ajarkan Siswa Bijak Bermedsos
Selasa, 13-02-2018 | 03:25 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Polres Malang memberikan pembelajaran bagi pemilih pemula. Salah satunya adalah bijak dalam menggunakan media sosial. Kali ini yang menjadi sasarannya dalah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 2 Sumberpucung, Malang.

Selama ini Polres Malang melalui Satbinmas melakukan acara tersebut secara rutin kepada siswa untuk cerdas dan beterika dalam menggunakakan media sosial. Hal ini dilakukan karena selama ini jejaring  pertemenan ini sering kali disalahhunakan yang mengakibatkan penggunanya terkena hukuman.

Selain itu, para petugas ini juga memberikan pendidikan bagi pemilih pemula yang akan menggunakan hak suaranya pada Juni mendatang.

Diharapkan jangan sampai, pelajar yang menjadi pemilih pemula dan difabel memposting kalimat yang tidak bermanfaat, seperti kasus ideologi negara yang dijadikan bahan guyonan, atau bahkan menyebarkan dan mempercayai berita hoax.

Terlebih pada musim pilkada seperti saat ini yang rentan dengan penyebaran informasi hoax, tentunya hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh kelompok tertentu.

Ujang Tajul Arifin, Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sumberpucung menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh satbinmas polres malang ini positif.  "Sudah seharusnya pemilih pemula diberi bekal untuk bijak dalam menggunakan media sosial dalam proses demokrasi, terlebih KPI juga sudah melaukan komunikasi untuk menggelar kegiatan serupa," jelas Tajul Arifin.

Kasat Binmas Polres Malang, AKP Ainun Jariyah, kegiatan sosialisasi sengaja terus dilakukan. "Kita harapkan dengan adanya kegiatan ini, nantinya para pemilih pemula dan Difabel dapat bijak bermedsos, ini kita lakukan juga untuk menghindari terjerumusnya para siswa ini pada konken sara, berita hoax dan kampanye hitam saat memposting di media sosial mereka," jelas AKP Ainun Jariyah. (pul)

Berita Terkait


Jangan Sembarangan Upload Foto Anak di Medsos

Gara Gara Medsos, Kakak Beradik Berseteru di Pengadilan

Peserta Pemilu Wajib Laporkan Akun Medsos Untuk Kampanye

Bawaslu Mulai Awasi Pemasangan APK dan Medsos


Komentar Kasar dan Hina Polisi di medsos, Ayub Dipanggil Polres Situbondo

Viral di Medsos, Ada Semburan Air di Gresik Ternyata Dua Minggu

Penyebar Hoax Bencana Gempa Palu di Medsos, Ditangkap Polda Jatim

Peserta Pemilu Wajib Laporkan Akun Medsos Untuk Kampanye
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber