Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Ayam asal Belanda dan Cina ini dibandrol hingga jutaan rupiah. Selain itu, ayam serama, ayam ketawa serta ayam hitam cemani dan ayam bulu terbalik berjengger tanduk naga, ikut meramaikan kontes ayam ini. Foto Bagus
Inilah Uniknya Ayam Hias Jambul Poland dan Bantam Cochin
Senin, 12-02-2018 | 11:08 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Keunikan ayam Jambul Poland dan ayam jenis Bantam Cochin menyita perhatian masyatakat saat dipamerkan di salah satu mall di Surabaya. Bentuknya yang unik dan keindahan pada bulunya menjadikan ayam ini bernilai jual tinggi.

Tentu unik dan lucu, saat pertama melihat bentuk ayam jambul atau Poland asal Belanda ini. Ayam yang memiliki ciri - ciri jambul diatas kepala yang lebat serta warna bulunya yang bercorak, membuat ayam yang sudah ada di Indonesia sejak jaman penjajahan ini, banyak diburu kolektor ayam hias.

Dari keunikan ayam yang hidup di dataran tinggi ini, membuat nilai jual ayam Poland bisa mencapai jutaan rupiah. Menurut Shina - pecinta hewan asal Malaysia, terlebih jika ayam tersebut bisa memenangkan sebuah kontes ayam hias, nilainya jauh lebih tinggi. Bentuk ayam Poland yang menyerupai burung ini, juga banyak disukai oleh anak - anak.

Lain halnya dengan ayam Jambul. Ayam Bantam Cochin yang berasal dari Cina ini, juga menyita perhatian. Keunikan ayam ini terdapat pada corak bulunya serta ekornya yang berbeda dari bentuk ekor ayam lainnya. Yaitu berbentuk bundar menyerupai bola. Selain perawatannya yang mudah, makanan yang banyak dijumpai ditoko unggas serta cuaca diindonesia cocok untuk di ternak.

Menurut Guantoro penyelenggara pameran unggas, terdapat beberapa jenis ayam hias dalam kontes ini. Seperti ayam jenis serama. Ayam ini mulai populer dan kerap dilombakan, dengan memiliki tubuh yang kecil namun ayam ini bisa membusungkan dada dan berjalan tegak,  layaknya model saat berada diatas catwalk. "Selain itu terdapat ayam ketawa, ayam hitam cemani dan yang unik lagi yaitu ayam bulu terbalik milik warga Malang. Ayam berwarna putih ini memiliki cengger berbentuk menyerupai tanduk naga, semuanya ayam hias yang unik," kata Guantoro. (pul)


Berita Terkait


Penggilingan Tebu dan Kandang Ayam Terbakar

Harga Pakan Naik, Harga Daging Ayam Malah Anjlok

Puluhan Warga di Sidoarjo Terjaring Pengrebakan Sabung Ayam

Harga Daging Ayam Broiler Masih Tinggi Akibat Harga Pakan Naik


Jemaah Calon Haji Bawa Pasir Untuk Tayamum di Pesawat

Harga Daging Ayam di Ngawi Semakin Mahal

Diduga Stok Menipis, Harga Daging Ayam Masih Mahal

Harga Daging Ayam Broiler Masih Tinggi Akibat Harga Pakan Naik
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber