Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Potong Tiga Pohon Perhutani, Dua Warga Dampit Diamankan Polsek Dampit
Minggu, 11-02-2018 | 23:12 wib
Oleh : Khaerul Anwar
Malang pojokpitu.com, Satuan Reserse Kriminal Polsek Dampit mengamankan dua warga Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, setelah melakukan pencurian kayu jenis sono keling di hutan lindung kawasan Dampit sebanyak tiga pohon. Pelaku yang beraksi pada dini hari ini memotong hingga menjadi 9 batang.

Jumiran (47) dan Saeri (34) warga Dusun Grangsil, Desa Jambangan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, yang diamankan Satreskrim Polsek Dampit gabungan dengan mantri hutan lindung kawasan Dampit.

Pelaku yang berjarak sekitar 2 kilometer dari kawasan hutan lindung kawasan Dampit itu, diketahui kerap melakukan pencurian dengan beraksi dini hari guna menghindari petugas hutan dalam operasi.

Dalam aksinya, para pelaku bekerja berdua, dengan memotong 3 pohon kayu jenis sono keling, yang dilakukan selama 2 hari, dengan menyembunyikan potongannya di sekitar hutan sebelum dibawa.

Panjangnya pohon yang ditebang, membuat kesulitan pelaku untuk membawa, hingga dipotong menjadi 9 batang. Pelaku lantas membawa kayu menggunakan motor protolan ke rumah mereka.

Mantri hutan yang melihat adanya bekas potongan pohon yang dilakukan dengan gergaji manual, membuat pihak Perhutani bekerja sama dengan Satreskrim Polsek Dampit untuk menyelidiki dan didapatkan kedua pelaku tersebut.

Kini, 9 potongan kayu jenis sono keling hasil mencuri, dititipkan di tempat penimbunan kayu Kecamatan Dampit hingga proses persidangan digelar, juga 2 buah motor pelaku sarana mengangkut kayu.

Menurut AKP Amung Sri Wulandari, Kapolsek Dampit mengatakan, Satreskrim Polsek Dampit dan mantri hutan melakukan penangkapan terhadap kedua pelaku, setelah diketahui kayu hasil curian disimpan di salah satu rumah pelaku. "Rencananya, akan dijual guna kebutuhan sehari-hari dan pelaku mengaku melakukan baru sekali, masih didalami yang diduga sudah berulang kali melakukan pencurian di hutan lindung tersebut," katanya.

Atas perbuatannya, para pelaku diganjar dengan pasal 82 Undang-Undang RI nomor 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pengrusakan hutan, dengan ancaman hukuman, maksimal 5 tahun kurungan penjara.(end)

Khaerul anwar, melaporkan..



Berita Terkait


Viral di Medsos, Pencurian Tas di Masjid Terekam CCTV

Satroni Kantor Kelurahan Sukosari, Manto Ditinggal Kabur Rekannya

Bius Pengemudi Taksi Online, Gondol Handphone dan Uang

Aksi Pencurian di Salah Satu Pondok Pesantren Terekam CCTV


Pencurian Tabung LPG di Toko Bangunan Terekam CCTV

Resedivis Spesialis Pencurian Rumah Dapat Hadiah Timah Panas

Satreskrim Polres Malang Tembak Pelaku Pencurian

Gagalkan Pencurian Motor, Seorang Warga Dibacok

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber