Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kenduren Durian Ricuh Pengunjung Pingsan
Minggu, 11-02-2018 | 18:18 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Kegiatan rutin kenduren durian atau pesta durian di Jombang berlangsung ricuh. Ribuan orang berebut tumpeng durian yang sedang diarak di dalam lapangan.

Di sela-sela kegiatan berlangsung, sejumlah oknum aparat keamanan memukuli  pengunjung yang merangsek untuk berebut durian. sementara sejumlah pengunjung sempat pingsan akibat berdesakan dengan pengunjung lainnya.

Kericuhan ini terjadi saat ribuan orang merangsek mendekati tumpeng raksasa durian yang ada di tengah lapangan. Saat satu pagar jebol, ribuan orang semakin merangsek masuk. Sejumlah oknum petugas keamanan yang kewalahan menghalau massa langsung turun memukul dan menendang massa yang terus mendekat berebut durian  di lapangan Desa Wonosalam Kecamatan Wonosalam Jombang.
 
Insiden ini pemukulan ini berhenti saat panitia meminta pembagian durian dihentikan sementara. Pasalnya, aksi berdesak-desakan ribuan pengunjung semakin membabi buta dan tidak terkendali.
 
Insiden serupa juga terjadi di sejumlah titik tempat tumpeng buah-buahan dipajang usai diarak. Pengunjung lebih dulu menyerbu 9 tumpeng, meski panitia sudah minta agar perebutan menunggu pemberitahuan. Namun himbauan panitia tidak dihiraukan para pengunjung.

Sejumlah perempuan pingsan akibat terjepit ribuan pengunjung. Tim medis yang disiapkan terus berusaha membantu korban pingsan dalam insiden kenduren durian ini.
 
Hj Mundjidah Wahab, Plt Bupati Jombang, mengatakan kegiatan kenduren durian ini sudah menjadi agenda rutin untuk meningkatkan potensi lokasi di Wonosalam, sekaligus sebagai salah satu bentuk daya tarik pengembangan wisata di Kota Santri ini. Menanggapi insiden yang terjadi, Plt Bupati ini memastikan akan ada evaluasi agar insiden serupa tidak kembali terjadi di kegiatan tahun mendatang.
 
Kenduren durian ini digelar sebagai bentuk rasa syukur petani durian yang melimpah supaya hasil buminya semakin berkah. Selain menampilkan tumpeng raksasa durian Wonosalam, panitia juga mengarak 9 tumpeng hasil bumi warga Wonosalam. Alhasil ribuan warga dari sejumlah kota di Jawa Timur datang untuk menikmati pesta yang berlangsung meriah tersebut.(end)



Berita Terkait


Kenduren Durian Ricuh Pengunjung Pingsan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua