Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Jelang Imlek, Warga Tionghoa Mandikan Patung Dewa
Minggu, 11-02-2018 | 02:13 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Menjelang perayaan tahun baru Imlek 2569 warga Tionghoa di Jombang melakukan ritual khusus terhadap patung dewa. Ritual berupa memandikan seluruh patung dewa penghuni klenteng dengan kembang 7 rupa.

Ritual ini rutin digelar, dengan harapan ditahun anjing tanah ini mereka selalu mendapatkan keberkahan dan kedamaian sepanjang tahun.

Ritual membersihkan patung dewa ini dilakukan di Klenteng tempat ibadah Tri Darma TITD Hong San Kiong Desa Gudo Jombang. Sejumlah jamaah tampak membersihkan patung dewa dengan pelan dan berhati - hati. Sebelum dibersihkan, seluruh patung dewa yang jumlahnya mencapai puluhan ini dimandikan bergantian.
 
Berada di air bak dan sudah ditabur bunga 7 rupa, patung dewa dimandikan. Termasuk patung dewa tertua penghuni klenteng yang sudah berusia ribuan tahun silam.
 
Hari Purwanto, pengurus Klenteng Hon Sang Kiong Gudo ini menjelaskan, ritual ini rutin dilakukan menjelang perayaan Imlek yang jatuh pada 16 Februari 2018. Pembersihan patung dewa ini dilakukan sebagai bentuk bakti pada sang dewa.

"Para jamah berharap ditahun baru Imlek ini, rejeki seluruh jamaah melimpah dan seluruh bangsa Indonesia dibebaskan dari bencana," terang Hari Purwanto.
 
Selain membersihkan patung dewa, seluruh lokasi klenteng juga dibersihkan. Termasuk peralatan ibadah juga dikeluarkan untuk dibersihkan secara bergotong royong.

Pada tahun politik ini, penganut klenteng berharap negara ini bisa terus maju dan terhindar dari segala pertikaian dan gangguan.(end)





Berita Terkait


Upacara Tolak Balak di Klenteng Tertua Surabaya

Rayakan Imlek Warga Tionghoa Blitar Gelar Kirap Barongsai

Hadiri Perayaan Imlek, Jokowi Ajak Warga Jangan Golput

Berkah Imlek, Penjual Burung Peking Kebanjiran Pembeli


Tahun Baru Imlek, Momen Minoritas Tionghoa di Pacitan Berkumpul

Juru Parkir Pemain Kepala Barongsai Mendapat Berkah di Tahun Baru Imlek

Tahun Baru Imlek Menjadi Berkah Bagi Pedagang Pernak-Pernik

Malam Imlek, Umat Tri Dharma Gelar Doa Bersama

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber