Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Pilkada 

Bentuk Gakkumdu Untuk Tangani Pelanggaran Pemilu
Sabtu, 10-02-2018 | 22:15 wib
Oleh : Tova Pradana
Madiun pojokpitu.com, Pemilihan kepala daerah di tingkat provinsi maupun kabupaten semakin dekat. Segala kesiapsiagaan atas kecurangan tindak pidana pemilu perlu diantisipasi. Panwaslu dan Polres beserta kejaksaan bentuk sentra Gakkumdu untuk penanganan khusus terkait tindak pidana dalam pemilukada.

Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah baik gubernur - wakil gubernur dan bupati dan wakil bupati serentak tahun 2018 segera dilaksanakan. Pola penangan kasus tindak pidana dalam pemilukada pun dibedakan. Panwaslu, polres serta kejaksaan membentuk sentra Gakkumdu untuk mempersiapkan segala kemungkinan kecurangan yang terjadi sejak dini, selama jalannya proses tahapan pemilihan kepala daerah.

Ketua Panwaslu Kabupaten Madiun, Agus Setiawan menerangkan Sentra Gakummdu dibentuk dari tiga pilar, yakni Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan. "Bila nantinya Panwaslu menemukan tindak pidana dalam pemilihan umum akan diproses satu atap dari Sentra Gakkumdu tersebut lebih cepat," kata Agus Setiawan.

Hingga saat ini laporan pelanggaran yang masuk di Panwaslu masih hanya sebatas pelanggaran administrasi. Sedikitnya ada 5 laporan  mulai dari tahapan pembentukan KPPS dan pembentukan PPDP. Nantinya masyarakat Madiun diminta lebih aktif untuk mengawasi segala jenis kecurangan terkait jalannya pemilihan kepala daerah dan segera melaporkan kepada panitia pengawas pemilu setempat. (end)

Berita Terkait


Kades Bangsri Lolos Dari Jeratan Pelanggaran Pemilu

Bentuk Gakkumdu Untuk Tangani Pelanggaran Pemilu

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua

Facebook





Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber